Percepat Inovasi Digital Asia Pasifik Jepang, SAP Leonardo Center Singapore Resmi Meluncur

Hessy Trishandiani, Jurnalis · Jum'at 11 Mei 2018 11:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 11 16 1897001 percepat-inovasi-digital-asia-pasifik-jepang-sap-leonardo-center-singapore-resmi-meluncur-X1FIXM6E7j.JPG Scott Russell, President of SAP APJ saat peluncuran SAP Leonardo Center Singapore (Foto: Dok. SAP)

JAKARTA SAP SE (NYSE: SAP) pada Rabu 9 Mei 2018 mengumumkan peluncuran SAP Leonardo Center Singapore, yang didirikan untuk membantu pelanggan, mitra bisnis, dan komunitas universitas dan bisnis startup di wilayah Asia Pasifik Jepang (APJ) untuk berinovasi secara lebih cepat dengan risiko minimum.

Peluncuran ini sekaligus memperluas jangkauan inovasi SAP di wilayah APJ, menyusul ketiga Pusat Inovasi (Innovation Center) dan empat SAP Lab yang telah didirikan sebelumnya di wilayah tersebut. Dilihat dari tingkat global, SAP menginvestasikan 3,352 juta Euro untuk Research and Development di tahun 2017.

Menurut World Economic Forum, Singapura memiliki ekonomi paling kompetitif di Asia Pasifik dan dunia internasional. SAP Leonardo Center Singapore merupakan yang kelima dalam jaringan internasional SAP Leonardo di seluruh dunia. SAP Leonardo Center Singapore didesain untuk menjadi pusat pertemuan pelanggan dan mitra bisnis di wilayah APJ untuk memaksimalkan perjalanan inovasi digital mereka dengan bantuan kapabilitas SAP Leonardo dan Design Thinking. SAP Leonardo menyatukan Internet of Things (IoT), Machine Learning, Blockchain, Big Data, Analytics dan Data Intelligence pada SAP Cloud Platform.

SAP Leonardo juga menerapkan kemampuan teknologi dan pengetahuan yang mendalam atas 25 area industri, di dalam lingkungan layanan teknologi secara live untuk mewujudkan pengalaman “Intelligent Enterprise” bagi setiap pelanggan.

“SAP Leonardo Center di Singapura akan menunjukkan bahwa segalanya mungkin dalam inovasi digital dan (bagaimana hal ini dapat) membantu pelanggan kami maju secara cepat, mudah, dan efektif,” tutur Scott Russell, President, SAP APJ.

“Bersama dengan pelanggan dan mitra bisnis, lanjutnya, kami berencana untuk memanfaatkan SAP Leonardo Center Singapore sebagai wadah pemikiran untuk mendorong inovasi yang berdasar pada tujuan (purpose-led innovation) yang, pada akhirnya, akan meningkatkan taraf kehidupan 1 milyar orang dan menyajikan pengalaman Intelligent Enterprise bagi lebih dari 70.000 pelanggan di wilayah APJ di tahun 2022. SAP Leonardo Center Singapore akan memainkan peranan kunci dalam mewujudkan strategi pertumbuhan kami dan mendorong kesuksesan pelanggan di era Intelligence saat ini.”

Lingkungan Bisnis nan Kolaboratif

SAP Leonardo Center berencana untuk membentuk sebuah lingkungan yang kolaboratif bagi perusahaan, startup, dan usaha kecil dan menengah untuk bereksperimen dan berinovasi. Salah satu pelanggan pertama SAP Leonardo di kawasan APJ di Korea adalah Hanon Systems.

Berpusat di Korea Selatan, Hanon Systems merupakan perusahaan terkemuka dunia dalam bidang solusi manajemen termal dan energi otomotif, dan merupakan pengguna SAP Leonardo sejak awal diluncurkannya di APJ. Dengan memanfaatkan informasi mengenai manfaat dari manufaktur digital, Hanon Systems mengidentifikasi hasil kinerja dan kesehatan alat-alat kerja sebagai tolok ukur melalui platform SAP Leonardo untuk salah satu pabriknya di Eropa. Robert Oh, Chief Information Officer dan Business Transformation Executive di Hanon Systems, percaya bahwa kemampuan vendor untuk bersaing dalam pasar otomotif saat ini tak hanya dinilai dari produk yang ditawarkannya.

“Di Hanon Systems, kami percaya bahwa transformasi digital yang dilakukan dapat mengubah cara kami memproduksi barang secara positif untuk meningkatkan produktivitas kami, meningkatkan efisiensi kami secara keseluruhan sekaligus memperkuat hubungan kami dengan pelanggan.”

Wadah Bagi Ekosistem

SAP Leonardo Center Singapore juga berperan sebagai wadah teknologi digital SAP yang memayungi berbagai universitas, startup, serta komunitas dan pengembang teknologi. SAP APJ mempersiapkan generasi inovator masa depan dengan pengetahuan dan keterampilan bagi masa depan digital melalui program SAP University Alliances, yang mendidik 1,7 juta mahasiswa di wilayah APJ dengan teknologi inovatif.

SAP APJ telah mendirikan 13 laboratorium Next-Gen di wilayah APJ dan berencana untuk membuka lebih banyak lagi di kemudian hari. SAP India mendesain penawaran modul baru, yang dinamakan i360, untuk Ajeenkya DY Patil University, yang mencakup SAP Leonardo IoT, SAP Leonardo Machine Learning dan SAP Open SAP Learning. India telah menyaksikan peningkatan dalam pengambilan modul yang berfokus pada Industry 4.0 dan Smart Cities.

Permintaan akan tenaga kerja di India dengan keterampilan khusus di bidang IoT, Machine Learning, Artificial Intelligence, Blockchain dan Big Data dan Analytics termasuk tinggi. Beragam institusi pendidikan pun telah menemukan manfaat dalam kolaborasi dengan perusahaan teknologi untuk memenuhi permintaan ini.

 

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini