Mengapa Bintang Berwarna Hitam Miliki Panas Paling Tinggi, Ini Penjelasannya

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 11 Mei 2018 09:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 11 56 1896924 mengapa-bintang-berwarna-hitam-miliki-panas-paling-tinggi-ini-penjelasannya-H3PUZ3LdOM.jpeg Ilustrasi bintang di angkasa (Foto: Ist)

JAKARTA - Pada tahun 1973, beberapa galaksi berwarna hitam telah berhasil dicitrakan menggunakan sinar inframerah. Penemuan galaksi berwarna hitam berarti bahwa bintang-bintang di dalamnya juga berwarna hitam. Hal tersebut karena bintang-bintang adalah unit pembentuk galaksi.

Pada abad ke-20 para ilmuan sendiri belum pernah melihat api berwarna hitam. Berdasarkan penelitian astronomis api hitam merupakan api yang paling panas. Dan suhu api paling panas tersebut terdapat pada bintang hitam yang ditemukan astronomis.

Selain bintang berwarna hitam adapula bintang berwarna merah, justru memiliki suhu api yang sangat rendah panasnya bila dibanding bintang lainnya.

Dalam hadits riwayat At-Tirmidzi yang disadur pada Buku Pintar Sains dalam Alquran, Rasulullah bersabda "Neraka dibakar selama ribuan tahun hingga berwarna merah, kemudian dibakar lagi selama ribuan tahun hingga berwarna putih, kemudian dibakar lagi selama ribuan tahun hingga berwarna hitam.""

Dalam konteks hadits ini, jela hubungannya salah satu benda antariksa yang ditemukan oleh astronomis berhubungan dengan hadits yang menjelaskan tentang tingkatan panas paling tinggi merupakan api berwarna hitam.

Para ilmuan mengamati bahwa bintang yang berwarna merah merupakan bintang yang paling rendah panasnya bila dibandingkan dengan bintang-bintang yang lain. Jika panasnya meningkat maka berwarna putih. Jika panasnya semakin tingga maka bintang tersebut akan berwarna hitam pekat.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini