nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melalui Aplikasi Games, Teroris Bisa Saling Berkomunikasi

Mufrod, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 09:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 14 326 1898228 melalui-aplikasi-games-teroris-bisa-saling-berkomunikasi-quSPYS7H3A.jpg Ilustrasi aplikasi games mobile legend (foto: Ist)

LONDON - Mendeteksi terjadinya aksi teror hingga kini masih menjadi tugas berat bagi aparatur penegak hukum. Gerakan senyap dan tak ingin bersosialisasi membuat sel-sel terorisme ini terbilang rapi dan terencana dalam menjalankan setiap aksinya.

Lantas seperti apa para teroris tersebut saling berkomunikasi tanpa diketahui pihak berwajib?

Ditengah perkembangan teknologi rupanya tak memudahkan penegak hukum untuk melacak jaringan teroris dalam berkomunikasi. Salah satu alasannya yakni, penggunaan kode, isyarat maupun kata kiasan membuat sering sulit dilacak.

Bahkan seperti dilansir dari BBC, ditengah kemajuan teknologi saat ini para teroris memanfaatkan enkripsi end to end, aplikasi games sebagai alat komunikasinya.

Dalam games online ini teroris memanfaatkan kata sandi untuk bermain secara group yang intinya digunakan sebagai komunikasi antar sesama untuk melancarkan aksinya.

Bahkan disebutkan sejarah empat tahun lalu dimana Anders Breivik yang melakukan aksi teror pembunuhan massal di Norwegia diketahui merancang aksinya selama empat tahun.

Belakangan diketahui Breivik selalu menggunakan sim card sekali pakai untuk menghilangkan jejak komunikasinya. Tak hanya itu, dirinya juga tak melakukan kontak sosial dengan tetangga atau siapapun.

Pola komunikasi yang dilakukan teroris memang selalu memanfaatkan segala sisi baik kemajuan teknologi ataupun cara baru yang tak mudah di baca dan dipecahkan polanya oleh penegak hukum.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini