Helikopter Ini Akan Menjadi Pertama Mendarat di Mars

Mufrod, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 06:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 15 56 1898625

CALIFORNIA - Misi Mars 2020 yang akan dilaksanakan NASA rencananya akan diluncurkan pada Juli 2020. Untuk meneliti adanya kehidupan di planet Mars nantinya, NASA telah menyiapkan helikopter otonom tanpa ada yang mengendalikan.

Helikopter sebesat 1,8 kilogram tersebut akan terbang setelah mencapai permukaan tanah planet Mars. Setelah itu akan melakukan penelitian tentang kehidupan yang terdapat pada planet tersebut.

NASA berencana untuk menggunakan Helikopter Mars pada lima penerbangan selama 30 hari, yang mencakup jarak hingga beberapa ratus meter dalam 90 detik atau kurang.

"Ini benar-benar cara yang jauh lebih baik untuk melakukan perjalanan ratusan meter pada suatu waktu," kata insinyur NASA Bobak Ferdowsi, seperti dilansir dari Newscientist

Penggunaan helikopter otonom menurut ilmuan NASA akan lebih efektif dibanding menggunakan robot yang harus berjalan di permukaan bebatuan dengan jarak yang hanya mencapai 100 meter per hari.

Dengan helikopter, ilmuan NASA berharap bisa lebih efisien dan cepat menemukan sumber kehidupan di planet tersebut. Helikopter ini akan menjadi pertama yang melakukan penelitian luang angkasa oleh NASA.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini