nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Google Resmi Gantikan YouTube Red dengan YouTube Music dan Premium

Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 11:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 18 54 1899762 google-resmi-gantikan-youtube-red-dengan-youtube-music-dan-premium-6iDlmIzXxJ.jpg YouTube Music (foto: The Verge)

GOOGLE resmi mengumumkan pergantian layanan YouTube RED menjadi dua penawaran layanan streaming baru, yakni YouTube Music dan Youtube Premium. Para pelanggan yang ingin mendapatkan YouTube Music cukup merogoh kocek USD9,99 atau Rp140 ribu per bulan dan YouTube Premium dibanderol dengan harga USD11,99 atau sekira Rp170 ribuan per bulan.

Perbedaanya, untuk YouTube Music masih menampilkan sedikit iklan saat pelanggan ingin mendegarkan musik atau menonton video streaming. Sementara, untuk YouTube Premium akan memberikan layanan video musik tanpa iklan.

(Baca Juga: Orang Indonesia Gemar Buka YouTube Saat Ramadan, 3 Tontonan Ini Jadi Favorit)

Dilansir dari The Verge, Jumat (18/5/2018), YouTube Music adalah upaya Google untuk menyaingi Spotify, dengan tampilan “aplikasi mobile terbaru” dan pemutar desktop baru. Keduanya dirancang khusus untuk musik.

Google berpendapat, kelebihan YouTube adalah mampu menggabungkan semua versi lagu original dengan ribuan akses daftar putar mulai dari remix, cover, versi siaran langsung, dan tentu saja, video klip.

Saat ini, artificial intelligence (AI) Google juga sedang diintegrasikan ke dalam YouTube Music. Nantinya, aplikasi ini akan menemukan lagu baik dengan lirik atau hanya deskripsi umum seperti "siulan."

Tampilan baru YouTube Music hadir dengan layar utama aplikasi yang lebih dinamis. Di sana pengguna bisa melihat lagu berdasarkan history lagu yang sering diputar, lokasi dan aktivitas pendengarnya.

Pelancong yang suka naik pesawat mungkin bisa mendapatkan pilihan lagu seperti dari musisi Brian Eno di bandara. Namun, Google juga menekankan akan memberikan keragaman daftar putar lagu, yang juga akan digunakan untuk menyarankan dan menampilkan musik baru bagi penggunanya.

Dari segi harga, YouTube Music akan menjadi pesaing semua platform streaming musik yang sudah ada sebelumnya. Dengan biaya terjangkau, pendengar bisa mendengarkan lagu dengan pengalaman berbeda.

Youtube Music (foto: The Verge)

Sementara YouTube Premium memberi Anda pengalaman yang lebih dibanding YouTube Music. Anda akan mendapat akses ke lebih banyak koleksi konten video YouTube yang original. Google berjanji, akan menyediakan lebih banyak serial drama hingga film original di YouTube Premium kepada para pelanggannya.

YouTube Premium adalah nama baru untuk YouTube Red, dan Google melakukan sesuatu yang bagus untuk para pelanggan Red yang sudah ada dengan tidak meminta mereka membayar harga baru yang lebih tinggi.

Di negara-negara yang menggunakan Red, pelanggan hanya perlu membayar USD9,99 sebelum YouTube Premium diluncurkan. Negara-negara yang segera mendapat layanan YouTube Premium adalah Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Meksiko, dan Korea Selatan.

(Baca Juga: Ditonton 48 Juta Kali, Video Tertua YouTube Kini Berusia 13 Tahun)

Selanjutnya peluncuran YouTube Premium juga akan hadir di Austria, Kanada, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Norwegia, Rusia, Spanyol, Swedia, Swiss, dan Inggris. Google memastikan ekspansi tambahan akan datang akhir tahun 2018.

YouTube Music mulai diluncurkan pada Selasa, 22 Mei 2018. Tambahan khusus akan diberikan untuk pelanggan yang ada di Korea Selatan, Google menawarkan layanan YouTube Premium seharga USD9,99.

Sedangkan, negara-negara lain yang disebutkan tadi di atas juga akan mendapatkan YouTube Music dalam beberapa minggu mendatang.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini