Polusi Cahaya Malam Hari Ternyata Bisa Rugikan Tanaman

Mufrod, Jurnalis · Minggu 20 Mei 2018 06:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 19 56 1900318 polusi-cahaya-malam-hari-ternyata-bisa-rugikan-tanaman-qq97yoME5P.jpg Cahaya lampu di malam hari (foto: Science news)

SWISS - Bagi beberapa jenis tanaman, malam hari menjadi waktu yang tepat untuk melakukan proses penyerbukan. Namun sebuah penelitian menjelaskan adanya polusi cahaya di malam hari justru merugikan proses penyerbukan tanaman.

Mengutip dari Sciencenews, para ahli telah menemukan karakter tanaman dimana jika terdapat polusi cahaya (dengan intensitas berlebih) maka beberapa tumbuhan yang akan membuat proses penyerbukan tidak berjalan dengan baik.

Terlebih proses pembijian yang harus dibantu oleh hewan, maka setelah mata hari terbenam, intensitas cahaya berlebih tidak akan membuat hewan hinggap pada sebuah tanaman yang akibatnya proses penyerbukan dan pembijian gagal dilakukan secara alamiah.

Menurut ekolog Eva Knop dari University of Bern di Swiss. Dalam perhitungan mendetail kehidupan penyerbukan kubis kubis (Cirsium oleraceum), Knop dan rekan menemukan bahwa tanaman dengan cahaya malam menghasilkan 13 persen lebih sedikit biji dibandingkan dengan tumbuhan yang berada di tempat gelap alami.

Kata Knop, lebih dari 80 persen spesies bunga mendapat bantuan dari hewan dalam membuat biji, dan tidak ada yang berevolusi dengan cahaya setelah matahari terbenam.

“Saya berharap orang-orang mulai menyadari bahwa itu benar-benar sesuatu yang mengubah seluruh ekosistem,” pungkasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini