Kecerdasan Mesin yang Mampu Deteksi Penyakit

Mufrod, Jurnalis · Senin 21 Mei 2018 15:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 21 207 1900783 kecerdasan-mesin-yang-mampu-deteksi-penyakit-Y3Gof3n6mY.jpg Pendeteksian penyakit menggunakan AI (Foto: Engadget)

BARCELONA - Kecanggihan teknologi dengan mesin pintar kini tengah merambah berbagai sektor tak terkecuali dunia medis. Baru-baru ini sebuah penyakit bisa dideteksi melalui Artificial Intelegence (AI) yang tak lain kecerdasan sebuah mesin.

Bahkan AI seperti dikutip dari Engadget mampu mendeteksi Alzheimer serta memprediksi serangan jantung. Di Jepang sendiri, AI oleh sekelompok peneliti telah digunakan untuk melihat tumor kanker kolorektal sebelum menjadi ganas.

Namun sebelumnya para peneliti mengumpulkan database lebih dari 30.000 gambar sel pra-kanker dan kanker untuk membantu AI mendeteksi perbedaan antara keduanya.

Setelah proses pembelajaran mesin berlangsung, mereka memberinya gambar polip kolorektal yang pembesarannya meningkat dengan faktor 500. Program ini mampu menentukan dalam waktu satu detik apakah polip spesifik itu bersifat kanker.

Yuichi Mora dari Showa University membuat presentasi tentang hasil ini minggu ini di Konferensi Gastroenterologi Eropa di Barcelona. Dia mengutip akurasi deteksi AI pada 86 persen, yang sangat mengesankan.

Ini secara khusus penting untuk kanker kolorektal; itu sangat dapat diobati pada tahap awal, tetapi deteksi sering datang sangat terlambat, setelah sel-sel kanker telah menyebar ke dalam aliran darah. Kanker berasal dari polip jinak di rektum dan kolon yang berubah menjadi tumor ganas. AI ini dapat membantu mendeteksi kanker kolorektal sejak dini, memastikan bahwa kanker dapat diobati untuk lebih banyak orang.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini