nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ilmuwan Bantah Dinosaurus Pterodactyls Bisa Terbang

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 25 Mei 2018 07:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 25 56 1902490 ilmuan-bantah-dinosaurus-pterodactyls-bisa-terbang-JUmp8UVyqg.jpg Dinosaurus Pterodactyls (foto: Daily Mail)

Rhode Island - Dinosaurus Pterodactyls sering digambarkan sebagai hewan besar yang bisa terbang layaknya kelalawar. Tubuh besar dengan sayap serta kaki terentang kebelakang rupanya hanya gambaran sematan.

Belakangan para ilmuan berhasil mengungkap hewan purbakala jenis Pterodactyls diketahui tidak bisa terbang seperti yang digambarkan baik di dalam sebuah film maupun karya lain.

Sebuah penelitian baru yang mempertimbangkan jaringan lunak mereka menunjukkan ligamen akan membatasi gerakan sendi, mencegah pinggul mereka mengambil posisi seperti kelelawar.

Mahasiswa PhD di Brown University, Armita Manafzadeh mengungkap saat ini para peneliti tengah mempelajari cara dan pola Pterodactyls ini memiliki pinggul dengan sendi yang bisa memiliki pose layaknya kelelawar.

 

"Kami pikir studi masa depan harus mempertimbangkan bahwa pose ini kemungkinan tidak mungkin, yang mungkin mengubah perspektif kita ketika kita mempertimbangkan evolusi penerbangan di pterosaurus dan dinosaurus," Manafzadeh seperti dilansir Daily Mail, Jumat (25/5/2018).

Meski Pterodactyls diketahui memiliki sayap namun satu ligamen tertentu yang ditemukan di banyak burung dan reptil yang berhubungan dengan Pterodactyls memungkinkan hewan purbakala ini tak mampu terbang layaknya kelelawar.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini