Apple Sadar iPhone 6 Mudah Bengkok, Layar Sentuh Rentan Rusak

Agregasi Solopos, Jurnalis · Senin 28 Mei 2018 15:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 28 57 1903708 apple-sadar-iphone-6-mudah-bengkok-layar-sentuh-rentan-rusak-aA6S5Woatr.jpg (Foto: Techcrunch)

JAKARTA - Perangkat Apple memiliki penggemarnya tersendiri dengan iOS yang bersaing kuat dengan Android. Salah satu perangkat Apple, iPhone 6 yang pernah dirilis beberapa tahun lalu, dilaporkan memiliki kekurangan dari sisi ketahanan bodi.

Dari sisi desain, Apple memang jawara. Tengok saja beberapa kompetitor yang sering meniru desain produk Apple. Smartphone iPhone 6 misalnya, produk Apple tersebut mendapat perhatian luar biasa.

Akan tetapi, di balik desainnya yang dipuji, ada beberapa keluhan dari pengguna yang menyebut iPhone 6 mudah bengkok.

Apple saat itu berkilah iPhone 6 yang mudah bengkok bukan gara-gara masalah produksi. Namun kini, sebuah dokumen internal perusahaan mengungkapkan hal sebaliknya.

 

Pada akhirnya, kelemahan pada ponsel ini berbuntut gugatan class action terhadap Apple yang menyebut perusahaan secara sadar tahu, iPhone 6 cenderung memiliki bodi yang lentur alias mudah bengkok. Dokumen serupa juga dipublikasikan oleh Hakim Pengadilan Distrik AS Lucy Koh.

Baca juga: Ini Perbedaan Spesifikasi Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus

Dalam dokumen itu, tertulis proses pengujian Apple menemukan iPhone 6 lebih lentur 3,3 kali dibandingkan perangkat pendahulunya yakni iPhone 5s.

Parahnya, smartphone iPhone 6 Plus malah lebih lentur 7,2 kali lipat, kemungkinan hal ini karena bentuknya yang lebih besar.

Baca juga: WhatsApp Bakal Hadirkan 5 Fitur Baru, Apa Saja?

Menurut dokumen tersebut, iPhone 6 cenderung mudah dibengkokkan, hal ini berimbas pada masalah pada layar sentuhnya. Terkadang, ada layar sentuh iPhone 6 yang tiba-tiba tak responsif sama sekali.

 

Menurut Koh, barulah pada 2016 Apple diam-diam mulai memperkuat bagian logic board yang diduga menjadi penyebab masalah mudah bengkoknya iPhone 6.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini