Google Doodle Hari Ini Kenang Jasa S.P.L. Sorensen, Siapa Dia?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 29 Mei 2018 14:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 29 207 1904098 google-doodle-hari-ini-kenang-jasa-s-p-l-sorensen-siapa-dia-SfNppKzibK.jpg (Foto: Google Doodle)

JAKARTA - Google Doodle merupakan animasi atau gambar yang biasanya muncul di tampilan mesin pencarian. Muncul berdasarkan tema-tema tertentu, Google Doodle hari ini menghadirkan S.P.L. Sorensen, siapakah dia?

Dilansir Indianexpress, Selasa (29/5/2018), Soren Peder Lauritz Sorensen atau S.P.L. Sorensen merupakan ahli biokimia Denmark, yang paling dikenang karena ia memperkenalkan skala pH. Atas jasanya tersebut, Google hari ini menampilkan Doodle dengan animasi atau permainan mini yang cukup menarik.

Skala pH (potensi hidrogen) adalah skala yang menentukan karakter asam atau basa dari larutan berair pada kisaran 0 hingga 14. Tanda-tanda di bawah 7 memastikan karakter asam dari larutan yang mendekati 0 sebagai yang paling asam. Ketika jumlah meningkat dari 0 hingga 14, karakter dasar atau basa dari larutan meningkat dan keasaman akan berkurang.

Sorensen lahir pada 9 Januari 1868 di Havrebjerg (Denmark). Sorensen pada awalnya tertarik untuk mengejar karir di kedokteran ketimbang bidang kimia, tetapi sesama ahli kimia, SM Jorgensen mempengaruhinya untuk mengambil kimia dan Sorensen naik menjadi terkenal.

 

Ia menjadi sosok yang dikenal dalam skala pH, sesuatu yang tetap ditanamkan di setiap murid sekolah.

Baca juga: Lenovo Z5 Siap Meluncur 5 Juni, Ini Wujudnya

Sorensen juga terlibat dalam teknologi kimia dan memberikan kontribusi pada industri alkohol, ragi, dan peledak. Dia dianugerahi beberapa penghargaan dari masyarakat ilmiah dan teknologi.

 

Baca juga: 4 Tips Cegah Ponsel Lemot, Salah Satunya dengan Update Software

Sorensen pensiun pada 1938 setelah periode kesehatan yang buruk dan meninggal pada tahun berikutnya. Sorensen lahir pada 9 Januari 1868 dan menghembuskan nafas terakhirnya pada 12 February 1939.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini