Developer PUBG Gugat Epic Games, Ada Apa?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 29 Mei 2018 13:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 29 326 1904079 developer-pubg-gugat-epic-games-ada-apa-aexQphHEkk.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - PUBG Corp telah mengajukan gugatan hukum terhadap Epic Games. Gugatan tersebut terkait dengan pelanggaran hak cipta, menurut laporan Korea Times.

Dilansir Pcgamer, Selasa (29/5/2018), PUBG Corp yang berbasis di Korea mengajukan gugatan pada Januari, menuding adanya pelanggaran hak cipta. Pengadilan Distrik Pusat Seoul akan memutuskan apakah Fortnite menyalin PUBG, meskipun tidak ada rincian lebih lanjut tentang klaim tersebut.

Seperti diketahui, Fortnite merupakan game dengan gaya permainan Battle Royale yang serupa dengan game PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG). Kedua game ini memang tengah naik daun dan dimainkan oleh banyak gamer di seluruh dunia.

Epic Games merilis modus Battle Royale free-to-play Fortnite pada September tahun lalu, setelah mode 'Free The World' Pve yang berjuang untuk mendapatkan perhatian gamer. Penerbit PUBG, Bluehole, merasa keberatan karena adanya kemiripan dalam modus permainan.

 

"Kami telah memiliki hubungan berkelanjutan dengan Epic Games di seluruh pengembangan PUBG karena mereka adalah pencipta UE4, mesin yang kami berlisensi untuk permainan," kata Bluehole VP dan produser eksekutif, Chang Han Kim.

"Setelah mendengarkan umpan balik yang berkembang dari komunitas kami dan meninjau alur permainan untuk diri kami sendiri, kami prihatin bahwa Fortnite mungkin mereplikasi pengalaman yang dikenal PUBG," jelasnya.

Perusahaan merasa dirugikan karena Epic Games merupakan pembuat mesin game yang dipakai dalam game PUBG dan perusahaan telah membayar banyak uang untuk royalti kepada mereka.

Baca juga: Lenovo Z5 Siap Meluncur 5 Juni, Ini Wujudnya

"Dan kami memiliki hubungan bisnis ini dan kami memiliki kepercayaan bahwa kami akan mendapatkan dukungan berkelanjutan, dan kami menantikan untuk bekerja lebih dekat dengan mereka untuk mendapatkan dukungan teknis, mungkin mengembangkan fitur baru," kata perusahaan.

Baca juga: 4 Tips Cegah Ponsel Lemot, Salah Satunya dengan Update Software

Namun, nama PUBG dipakai secara resmi mempromosikan permainan Fortnite tanpa sepengetahuan perusahaan. "Tidak ada diskusi. Itu hanya sedikit mengejutkan dan mengecewakan untuk melihat mitra bisnis kami menggunakan nama kami secara resmi untuk mempromosikan mode permainan yang sangat mirip dengan kami dan ada kesalahpahaman di masyarakat bahwa kami secara resmi terlibat dalam proyek ini," jelas perusahaan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini