Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Perbedaan Game PUBG dan Fortnite, Anda Pilih yang Mana?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 30 Mei 2018 13:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 30 326 1904438 7-perbedaan-game-pubg-dan-fortnite-anda-pilih-yang-mana-4Y6iWHIqG7.jpg (Foto: News4c)

JAKARTA - Developer PUBG dilaporkan menggugat Epic Games, pengembang game Fortnite. Gugatan hukum tersebut dilakukan PUBG Corp terhadap Epic Games terkait dengan pelanggaran hak cipta, berdasarkan laporan Korea Times.

Kedua game tersebut memang tengah naik daun saat ini. Keduanya sama-sama mengusung permainan Battle Royale. Tahukan Anda perbedaan kedua game mobile tersebut?

Diambil dari berbagai sumber, berikut perbedaan game PUBG dan Fortnite.

Grafis

Dari sisi grafis, PUBG diklaim terlihat lebih realistis ketimbang Fortnite yang tampak lebih casual. Perbedaan jelas terlihat pada teksturnya, karakter dan senjatanya. Kabarnya, Fortnite memiliki tim developer yang lebih sedikit dibanding PUBG.

PUBG menawarkan grafis yang realistis sehingga bisa memanjakan mata gamer, tak kalah dengan PC. Kemunculan PUBG boleh jadi dinanti-nanti para gamer PC untuk bisa memainkan game shooter di platform mobile.

 

Fortnite dinilai lebih kartunis dan berwarna seperti game Overwatch. Sehingga, sensasi pertempuran sungguhan seperti dunia nyata agak kurang terasa ketimbang PUBG.

Baca juga: iPhone 2018 Hadir dengan Tiga Varian Warna Baru?

Peta

Dalam game bergenre battle royale, peta menjadi salah satu elemen terpenting. Ukuran peta bisa mempengaruhi permainan. Apabila petanya besar, maka gamer akan lebih jarang bertemu dengan musuh, sementara peta yang kecil memungkinkan gamer untuk bertemu musuh lebih sering.

Peta atau map pada PUBG cenderung lebih besar, sehingga mengharuskan gamer bergerak cepat dengan kendaraan untuk menuju area yang lebih aman. Sehingga, durasi permainan terasa lebih lama.

 

Sedangkan Fortnite, memiliki peta yang lebih kecil. Dengan demikian, gamer dituntut untuk lebih cepat mengambil keputusan. Fortnite tampak lebih cocok untuk gamer yang senang permainan cepat dan tangkas dalam menentukan strategi permainan.

Baca juga: Lenovo Z5 Siap Meluncur 5 Juni, Ini Wujudnya

Gameplay

Gameplay dari PUBG dan Fortnite berbeda. Apabila PUBG memungkinkan gamer mengendarai motor, mobil dengan map yang besar, Fortnite lebih mengedepankan cara bertahan dari serangan musuh dengan membuat tembok atau tangga.

 

Hal ini dinilai wajar karena ukuran map yang berbeda, di mana Fortnite memiliki map yang lebih kecil dibandingkan PUBG.

Durasi

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa peta dalam game PUBG lebih besar ketimbang Fornite. Maka, gamer bisa bermain dalam durasi yang lebih lama. Gamer PUBG di awal-awal pertempuran bisa mengumpulkan senjata terlebih dahulu dan menuju ke daerah yang aman.

 

Gamer perlu mencari objek-objek yang bisa dimanfaatkan sebagai pertahanan. Gameplay berjalan lebih perlahan, dan mungkin bisa membuat seseorang menjadi bosan. Sedangkan Fortnite kebalikannya, game ini hadir dengan gameplay yang lebih cepat.

Cara Menembak

Pada game PUBG, gamer bisa masuk dalam modus third person shooter atau first person shooter. Recoil atau efek senjata setelah menembak peluru lebih terasa pada game PUBG.

 

Sementara pada Fortnite, gamer hanya bisa bermain dalam modus third person shooter dan recoil yang dirasakan tidak begitu realistis seperti PUBG.

Looting

Looting atau mengambil item dalam medan pertempuran terasa lebih mudah dan sederhana pada Fortnite. Apabila gamer menggunakan armor di Fortnite, maka seluruh badan telah terlindungi.

 

Hal ini berbeda dengan PUBG yang loot-nya lebih rumit karena terdapat helm, armor, senjata dan tas. Akan tetapi, di PUBG gamer bisa melakukan kustomisasi karakter mulai dari sepatu, baju hingga helm.

Platform iOS dan Android

PUBG bisa dimainkan di platform iOS atau Android. Gamer bisa mengunduhnya secara gratis. Akan tetapi, ada tambahan item yang bisa gamer beli seperti pakaian atau sepatu.

 

Untuk Fortnite, game ini tersedia di perangkat iOS. Konon, permainan ini juga akan tersedia untuk perangkat Android.

1
7

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini