nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral, Video Ular Boa Melahirkan Ditonton 16 Juta Kali

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 30 Mei 2018 16:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 30 56 1904561 viral-video-ular-boa-melahirkan-ditonton-16-juta-kali-fcsGyNxWLP.jpg (Foto: AnimalSake)

JAKARTA - Video yang tengah viral di dunia maya, memperlihatkan seekor ular boa yang melahirkan anak ular. Video yang telah ditonton 16 juta kali itu diunggah ke akun Facebook, World of Reptiles.

Video berdurasi 2 menit 6 detik itu menunjukkan proses melahirkan seekor ular berwarna kuning dan putih. Bayi ular yang dikeluarkan cukup banyak dengan warna kulit tampak pucat menyerupai corak warna induknya.

Netizen menyaksikan langsung bagaimana proses ular itu dilahirkan. Banyak komentar dari netizen yang takjub atas lahirnya anak ular tersebut, sebagian lainnya mempertanyakan berapa total bayi ular yang dilahirkan.

Video ini sekaligus menunjukkan bahwa ternyata ada ular yang berkembangbiak dengan cara melahirkan. Namun, sekira 70 persen dari semua jenis ular berkembang biak dengan bertelur (ovipar).

 

Wikipedia menerangkan, jumlah telur ular bisa beberapa butir saja, hingga puluhan dan ratusan butir. Ular meletakkan telurnya di lubang-lubang tanah, gua, lubang kayu lapuk, atau di bawah timbunan daun-daun kering.

Beberapa jenis ular diketahui menunggui telurnya hingga menetas, bahkan ular sanca ‘mengerami’ telur-telurnya.

Sebagian ular, seperti ular kadut belang, ular pucuk dan ular bangkai laut ‘melahirkan’ anak. Sebetulnya, ular-ular ini tidak melahirkan seperti halnya mamalia, melainkan telurnya berkembang dan menetas di dalam tubuh induknya (ovovivipar), lalu keluar sebagai ular kecil-kecil.

Baca juga: 7 Perbedaan Game PUBG dan Fortnite, Anda Pilih yang Mana?

Sementara itu, ular buta atau ular kawat (Indotyphlops braminus), yang sejauh ini hanya diketahui yang betinanya, ular yang mirip cacing kecil ini diduga mampu bertelur dan berbiak tanpa ular jantan (partenogenesis).

 

Terdapat lebih dari 2.900 spesies ular. Dari jumlah tersebut, 375 spesies merupakan ular berbisa. Ular berbisa adalah sebutan umum bagi ular-ular yang memiliki venom (bisa ular).

Baca juga: Lenovo Z5 Siap Meluncur 5 Juni, Ini Wujudnya

Jenis ular berbisa paling mematikan adalah ular taipan dari Australia. Umumnya, ular berusaha menghindar bila bertemu dengan manusia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini