nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Canon Hentikan Produksi Kamera Film, Kenapa?

Agregasi Solopos, Jurnalis · Sabtu 02 Juni 2018 07:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 01 207 1905552 canon-hentikan-produksi-kamera-film-kenapa-kFZmXAdrlY.jpg (Foto: Theverge)

SOLO – Canon resmi menghentikan produksi kamera EOS-1V. Kamera tersebut merupakan yang terakhir memakai film. Kamera tersebut kali pertama diluncurkan pada 2000 lalu.

Dengan demikian, berakhir sudah bisnis kamera film yang telah dijalankan Canon selama 80 tahun terakhir.

Dilansir The Verge, kamera film memang sudah tidak populer seperti dulu di era digital. Namun, pada mulanya Canon tetap mempertahankan EOS-1V sebagai satu-satunya kamera film bagi fotografer profesional.

Kamera Canon EOS-1V dirancang mirip dengan model DSLR. Kamera model ini sebenarnya sudah tidak diproduksi lagi sejak 2010. Akan tetapi, Canon masih terus menjual dan mendistribusikan kamera ini dari gudangnya.

 

Walaupun sudah tidak diproduksi lagi, Canon tetap melayani servis kamera EOS-1V sampai 31 Oktober 2025. Namun, setelah 31 Oktober 2020, permintaan perbaikan mungkin bakal ditolak apabila suku cadang yang dibutuhkan sudah tidak memadai.

Baca juga: Ini Cara Gunakan WhatsApp Video Call Group, Bisa Ngobrol 4 Orang

Kini, Canon berfokus memproduksi kamera digital. Perusahaan kamera terbesar ini kali pertama membuat kamera digital pada 1984 dengan model RC-701.

 

Kala itu Canon belum bisa memproduksi lensa sendiri. Tapi, seiring berjalannya waktu mereka terus memperbaiki kekurangan hingga kini menjadi salah satu produsen kamera terbesar di dunia.

Baca juga: Ingin Chatting WhatsApp Tanpa Repot Ngetik? Begini Caranya

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini