Tips WhatsApp Bikin File GIF dari Video Pendek

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 06 Juni 2018 05:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 05 92 1906967 tips-whatsapp-bikin-file-gif-dari-video-pendek-0vCQkzg820.jpg (Foto: CBC.ca)

JAKARTA - WhatsApp memiliki beragam fitur dan terus update sehingga menawarkan lebih banyak fitur-fitur menarik. Salah satu fitur yang mungkin tidak banyak yang mengetahui ialah membuat file GIF dari video pendek.

Untuk membuat file GIF ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan aplikasi pihak ketiga. Namun, ternyata WhatsApp menyediakan fitur yang lebih memudahkan Anda untuk menciptakan file GIF.

Terdapat setidaknya dua cara yang bisa pengguna lakukan. Pertama dengan membuka WhatsApp terlebih dahulu atau membuka folder galeri.

Bila pengguna membuka WhatsApp terlebih dahulu, maka pengguna bisa mengikuti langkah berikut ini. Pertama, pilihlah teman yang ingin Anda kirimkan file GIF dan masuk ke dalam halaman chat dengannya.

 

Pilih icon attachment lalu masuk ke Galeri. Setelah itu, pilih video pendek yang ingin Anda jadikan file GIF. Setelah itu, temukan opsi GIF pada bagian kanan atas layar, yang membuatnya menunjukkan konversi menjadi ukuran file yang lebih sedikit.

Dalam tahap ini, pengguna bisa memulai memotong atau mengecilkan durasi video. Seiring dengan semakin kecilnya video, maka ukuran file juga kian mengecil.

Baca juga: Ingin Chatting WhatsApp Tanpa Repot Ngetik? Begini Caranya

Pengguna juga bisa menyematkan emoticon, teks atau goresan. Bila video GIF benar-benar telah sesuai yang diinginkan dan hendak dikirim, maka pengguna bisa mengklik icon Send di bagian pojok kanan bawah.

Kini, Anda bisa melihat file GIF yang telah dikirimkan kepada teman Anda.

Baca juga: Adu Spesifikasi Asus ROG Phone dan Xiaomi Black Shark, Siapa yang Menang?

Apabila pengguna ingin membukanya dari Galeri. Maka pengguna perlu memilih video yang akan dijadikan file GIF, lalu share video itu ke teman WhatsApp.

 

Kemudian, pengguna bisa memulai memotong durasi video, menyematkan emoticon atau teks dan sebagainya. Bila telah sesuai yang diinginkan, kini Anda dapat mengirimkan file GIF tersebut.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini