Toshiba Jual Bisnis PC ke Sharp dengan Kesepakatan Rp499 Miliar

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 07 Juni 2018 16:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 07 207 1907825 toshiba-jual-bisnis-pc-ke-sharp-dengan-kesepakatan-rp499-miliar-gueSCBnEA9.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Toshiba menjual bisnis PC kepada Sharp dengan kesepakatan USD36 juta atau sekira Rp499 miliar yang diumumkan pada Selasa. Sebagai bagian dari akuisisi, Toshiba akan mentransfer 80,1 persen dari sahamnya untuk Sharp.

Dilansir Cnet, Kamis (7/6/2018), Sharp yang diakuisisi oleh pemasok Apple, Foxconn pada 2016 sekira USD3,5 miliar akan memiliki 80,1 persen saham dalam bisnis itu. Perusahaan ini menutup operasi PC pada 2010, tetapi tampaknya kembali ke pasar PC.

Untuk Toshiba, tampaknya ini ialah akhir dari bisnis PC. Perusahaan merilis laptop PC pertama di dunia pada 1985, tetapi kini mundur dari sebagian bisnis konsumen.

 

Di bawah Foxconn, Sharp berpotensi untuk memproduksi perangkat dengan biaya yang lebih rendah.

Baca juga: Bocoran Galaxy Note 9 dengan Pemindai Sidik Jari 'Kotak'

Sebelum kesepakatan dengan Sharp, Toshiba memindahkan bisnis PC mereka ke Toshiba Client Solutions (TCS) pada April 2016 sebagai bagian dari reformasi struktural.

"Toshiba telah menetapkan bahwa cara terbaik untuk memperkuat TCS, meningkatkan nilai perusahaan, dan juga untuk mengamankan daya saing global dan melanjutkan pengembangan bisnis, adalah memilih Sharp sebagai mitra," kata Toshiba dalam rilisnya.

 

Baca juga: Adu Spesifikasi Asus ROG Phone dan Xiaomi Black Shark, Siapa yang Menang?

Setelah kesepakatan ditutup pada 1 Oktober, Toshiba akan tetap memberikan lisensi merek untuk produk PC serta peralatan yang diproduksi, dirancang dan dijual oleh TCS.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini