Ini Durasi Aman Pakai Headset agar Tak Merusak Telinga

Agregasi Solopos, Jurnalis · Sabtu 09 Juni 2018 06:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 07 57 1907769 ini-durasi-aman-pakai-headset-agar-tak-merusak-telinga-W18N5l1Da3.jpg (Foto: HiHonor)

SOLO - Mendengarkan audio lewat earphone atau headset adalah hal umum yang sering dilakukan. Perangkat ini bisa dibilang seperti tidak bisa lepas dari telinga. Maklum, mendengarkan musik menjadi sebuah kebiasaan yang digemari banyak orang.

Tapi, jika dipakai terlalu berlebihan, headset tersebut akan menimbulkan berbagai gangguan pada telinga, mulai dari gangguan pendengaran hingga infeksi telinga. Perangkat ini biasanya dipakai sebagai teman saat suasana sedang sepi. Bahkan, terkadang headset sengaja dipakai agar tidak mendengar suara bising dari luar dengan mengeraskan volume.

Saking kencangnya, tak jarang orang di sebelah Anda ikut mendengar suara dari headset yang menutupi telinga. Apapun alasannya, jangan sampai suara yang keluar dari headset itu membuat pendengaran terganggu.

 

Baca juga: Adu Spesifikasi Asus ROG Phone dan Xiaomi Black Shark, Siapa yang Menang?

Pastikan volume headset yang Anda pakai tidak lebih dari 40. Dengan kata lain, jangan sampai suara dari headset tersebut membuat Anda tidak bisa mendengar bunyi lain. Perhatikan pula durasi saat mengenakan headset.

Sejumlah hasil penelian menyebutkan bahwa durasi pemakaian headset maksimal hanya satu jam dengan volume sekitar 40 persen. Biarkan telinga beristirahat sejenak, minimal 15 menit. Intinya, jangan terus menerus menutupi telinga Anda dengan headset karena memicu berbagai masalah pendengaran.

 

Baca juga: 4 Tablet Murah di 2018, Apa Saja?

Selanjutnya, perhatikan pula kondisi headset yang dipakai. Jika suara yang dihasilkan headset bagian telinga kanan dan kiri berbeda, tandanya perangkat itu sudah harus diganti.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini