nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Piala Dunia, Layanan Live Streaming Diprediksi Melonjak Drastis

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 08 Juni 2018 14:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 08 207 1908231 jelang-piala-dunia-layanan-live-streaming-diprediksi-melonjak-drastis-lw7ctmYcqt.jpg (Foto: Digital Agency Network)

JAKARTA – Piala Dunia 2018 akan digelar dalam waktu dekat ini. Piala Dunia 2018 kali ini disebut-sebut menjadi Piala Dunia Seluler.

Masyarakat akan lebih banyak mengonsumsi Piala Dunia melalui ponsel mereka dibandingkan dengan sebelumnya. Terutama melalui aplikasi, di mana aplikasi berbasis layanan akan mengalami peningkatan yang sangat besar.

Melalui keterangan resmi dari laporan App Annie yang diterima Okezone, pemakaian Live streaming akan meningkat secara drastis, dan aplikasi ride sharing (transportasi online) dan aplikasi pengiriman akan menjadi primadona selama Piala Dunia.

Beberapa catatan penting dalam laporan, antara lain sebanyak 80% mengatakan bahwa mereka menggunakan tablet dan smartphone mereka untuk mencari status pemain dan untuk memutar ulang video penting, fenomena yang dikenal sebagai “second screening” atau skrining kedua.

 

Setiap Piala Dunia menandai era baru konsumsi acara langsung di seluruh dunia dan Piala Dunia 2014 di Brazil ditandai oleh Social Media. Piala Dunia 2018 akan ditandai oleh seluler, dan seluler akan menjadi panggung utama di Piala Dunia kali ini.

App Annie berharap untuk menemukan pertumbuhan besar pada 3 aplikasi bisnis utama, yaitu: Live Streaming, Food Delivery dan Ride-Sharing.

Aplikasi Ride-Sharing meningkatkan porsi pemasangan iklan dalam aplikasi di Amerika Serikat (AS) selama minggu-minggu menjelang Piala Dunia, minggu-minggu Super Bowl diadakan dan pada upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018.

Live streaming acara olahraga telah populer di seluruh dunia. Penonton online Super Bowl 2018 meningkat sebesar 45% dari tahun 2017 ke tahun 2018. Sedangkan Olimpiade Musim Dingin 2018 di streaming oleh dua kali lipat orang dibandingkan dengan tahun 2014.

Baca juga: Adu Spesifikasi Asus ROG Phone dan Xiaomi Black Shark, Siapa yang Menang?

Sebanyak 30% pendukung melakukan streaming acara olahraga pada perangkat seluler mereka, karena memungkinkan mereka untuk menonton permainan dan acara “dengan persyaratan mereka sendiri.”

 

Laporan juga mengungkap pengguna seluler yang rata-rata menghabiskan hampir 3 jam sehari untuk membuka aplikasi pada 2017. Angka ini bahkan lebih tinggi pada pasar negara berkembang seperti Indonesia dan Meksiko.

Baca juga: Xiaomi Redmi 6 Rilis 12 Juni, Tampilkan Desain Poni?

Pada Piala Dunia 2014, aplikasi resmi FIFA telah diunduh sebanyak 18 juta kali. 280 juta orang telah dijangkau secara online dengan konten khusus Piala Dunia – (9,6% dari total populasi online pada tahun tersebut). App Annie berharap, angka ini akan meingkat dua kali lipat tahun ini.

Selain itu, terungkap bahwa Aplikasi Food Delivery and Ride-Sharing, menemukan peningkatan besar di saat acara kumpul-kumpul kegiatan olahraga.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini