nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Cara agar Baterai Ponsel Tak Cepat Habis saat Mudik

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 16:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 11 57 1909185 7-cara-agar-baterai-ponsel-tak-cepat-habis-saat-mudik-VHnKLFYuh3.jpg (Foto: BGR)

JAKARTA - Baterai sebagai salah satu komponen penting untuk dapat membuat ponsel tetap hidup. Bila baterai ponsel habis, tentu pengguna harus melakukan pengisian daya dan terkadang merepotkan untuk melakukan pengisian daya bila sedang dalam kondisi perjalanan mudik.

Diambil dari berbagai sumber, beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat baterai ponsel lebih awet.

Matikan Modus Getar

Modus getar bisa menghabiskan lebih banyak baterai daripada mode ringtone.Matikan mode getarnya untuk menjaga daya baterai kamu tetap hemat dan tidak terbuang sia-sia.

Hindari Live Wallpaper

Meskipun live wallpaper membuat tampilan layar ponsel pengguna menjadi menarik, namun rupanya fitur tersebut bisa menguras baterai lebih besar. Untuk membuat baterai lebih awet, pengguna disarankan untuk menggunakan wallpaper statis sehingga tidak menyedot baterai secara berlebihan.

Baca juga: 4 Fitur WhatsApp Berguna untuk Para Pemudik, Nomor 1 Penting Banget

Turunkan Kecerahan Layar

Kecerahan layar ponsel harus diatur agar tidak banyak mengonsumsi daya baterai. Semakin terang layar, maka semakin besar daya yang harus dikeluarkan, terlebih bila pengguna menggunakan resolusi Full HD atau Quad HD. Pengguna juga bisa menerapkan pengaturan manual dan memposisikan kecerahan layar tingkat redup seoptimal mungkin.

 

Baca juga: 4 Gadget Pengusir Bosan saat Anda Berada di Perjalanan

Persingkat Waktu Standby

Pengguna bisa mengatur agar ponsel bisa mematikan layar dalam waktu cepat.Pengguna bisa mempersingkat waktu time-out atau standby dengan memilih waktu yang paling pendek, misalnya 15 detik.

Matikan Konektivitas

Pengguna bisa mengaktifkan atau mematikan secara manual untuk fitur WiFi, paket data dan bluetooth.Sebaiknya matikan fitur yang tidak benar-benar dipakai untuk menghemat baterai ponsel pengguna.

Matikan GPS

GPS salah satu fitur pada ponsel yang membantu pengguna ketika mengandalkan fitur peta.Bila tidak benar-benar digunakan, pengguna bisa mematikan fitur GPS tersebut.

Bersihkan Layar dari Widget

Widget yang terlalu banyak dan muncul di home screen selain mengganggu tampilan layar, juga bisa membuat baterai ponsel menjadi boros. Sebaiknya, hilangkan widget yang benar-benar tidak diperlukan untuk menghemat baterai.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini