nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tips Maksimalkan Gadget untuk Perjalanan Mudik

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 10:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 11 57 1909190 4-tips-maksimalkan-gadget-untuk-perjalanan-mudik-rmZKncd5bp.jpg (Foto: Amazon)

JAKARTA – Pada saat mudik, pengguna membawa berbagai device yang dibutuhkan, termasuk ponsel pintar. Anda perlu menguasai atau minimal mengetahui fitur-fitur yang disediakan ponsel Anda dan aksesori pendukungnya.

Berikut ini tips memaksimalkan gadget untuk mendukung perjalanan mudik Anda.

Gunakan Peta Offline

Google Maps memungkinkan pengguna untuk mengunduh peta sehingga bisa digunakan secara offline. Hal ini berguna apabila pengguna kesulitan mendapatkan sinyal atau jaringan dan tidak bisa menggunakan koneksi data.

Pengguna bisa memanfaatkan peta offline itu dengan cara membuka Google Maps, buka menu opsi dengan cara menggeser dari kiri ke kanan, temukan offline maps. Kini, Anda bisa mengatur besaran area yang perlu untuk Anda unduh . Tekan download untuk memulai unduhan.

 

Periksa Warna Jalanan

Masih dengan Google Maps, Anda bisa mengaktifkan Fitur Traffic atau Lalu Lintas pada Maps. Dengan demikian, Anda akan melihat warna di sepanjang jalan yang terlihat di peta.

Warna jalanan bila hijau menandakan lancar, warna orange menunjukkan padatnya lalu lintas, sementara warna merah berarti macet yang cukup parah.

Baca juga: 4 Gadget Pengusir Bosan saat Anda Berada di Perjalanan

Manfaatkan Panduan Suara

Dengan memanfaatkan fitur GPS dan Google Maps, pengguna bisa mengatur volume audio ponsel sehingga aplikasi peta tersebut memberitahukan kepada Anda bila terdapat tikungan.

Ini bisa membantu pengguna agar mata tidak selalu menatap layar ponsel sehingga mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai kendaraan.

 

Pasang Holder Ponsel

Penggunaan holder dewasa ini boleh jadi sangat membantu agar pengguna bisa tetap terbantu melalui navigasi dari layar ponsel. Disarankan agar pengguna memilih holder dengan leher yang pendek, sehingga tidak membuat ponsel berayun ketika di perjalanan.

Baca juga: 4 Fitur WhatsApp Berguna untuk Para Pemudik, Nomor 1 Penting Banget

Bila memungkinkan, gunakan holder yang bisa ditempatkan di dekat AC sehingga bisa membantu mendinginkan perangkat apabila overheating karena terlalu lama dipakai untuk melihat peta atau aktivitas ponsel lainnya.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini