nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kesiapan Jaringan Indosat Ooredoo untuk Perjalanan Mudik 2018

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 14 Juni 2018 10:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 13 54 1909904 kesiapan-jaringan-indosat-ooredoo-untuk-perjalanan-mudik-2018-jj5IzOUS5H.jpg (Foto: Indosat Ooredoo)

JAKARTA - Kegiatan mudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama sanak keluarga telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia setelah menunaikan ibadah Ramadan. Mudik dengan lancar dan nyaman menjadi prioritas bersama, termasuk kegiatan berkomunikasi pelanggan selama perjalanan mudik itu sendiri menjadi perhatian penting operator seperti Indosat Ooredoo.

Melalui keterangan resmi yang diterima Okezone, Indosat Ooredoo telah mempersiapkan diri jauh hari untuk tetap bisa melayani pelanggan dengan baik, selain dengan paket layanan menarik dan menguntungkan, tidak kalah penting adalah menyiapkan jaringannya di sepanjang jalur mudik dan kota tujuan mudik.

Peningkatan trafik telekomunikasi yang telah diprediksi dengan baik dan akurat, diantisipasi dengan upaya penyiapan kapasitas jaringan data, suara dan SMS. Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas layanan data yang ditingkatkan menjadi 11.394 TeraByte/hari, untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yang diprediksi meningkat sebesar 83,7% dibandingkan tahun lalu.

Demikian pula dengan kapasitas suara yang ditingkatkan menjadi 37,49 juta Erlang/hari serta kapasitas SMS yang ditingkatkan menjadi 1,01 milyar SMS/hari, telah disiapkan sesuai dengan prediksi trafik yang akan terjadi.

 

Selain peningkatan kapasitas jaringan serta berbagai upaya lain yang biasa dilakukan setiap tahunnya, khusus untuk Lebaran 2018 ini ada dua hal baru yang dilakukan Indosat Ooredoo untuk mendukung kesiapan jaringan Lebarannya, yang membedakan dari yang dilakukan di tahun sebelumnya, yaitu (1) penggunaan spektrum baru untuk LTE di frekuensi 2100 MHz dan (2) optimasi jaringan secara otomatis dengan SON (Self Organizing Network).

Dengan kombinasi LTE di 1800 MHz eksisting dengan LTE di 2100 MHz yang baru dengan Carrier Aggregation, pelanggan bisa memanfaatkan kedua spektrum tersebut dengan optimal. Hal ini akan memberikan kualitas dan kecepatan yang lebih baik bagi pelanggan, untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang mendukung kelancaran dan kenyamanan saat mudik dan saat berlebaran, seperti aplikasi social media, navigasi, informasi dan hiburan.

Baca juga: 4 Gadget Pengusir Bosan saat Anda Berada di Perjalanan

Mobilitas pelanggan yang sangat tinggi terutama pada saat Lebaran membutuhkan aktivitas monitoring dan optimasi secara terpadu dan realtime. Dengan mengimplementasikan Self Organizing Network (SON), Indosat Ooredoo dapat melakukan optimasi jaringan secara otomatis untuk menjaga kualitas jaringan khususnya di sepanjang jalur mudik dan kota-kota tujuan mudik.

”Berbagai upaya kami lakukan sebagai bagian dari komitmen kami untuk menjamin kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi selama perjalanan mudik serta perayaan Lebaran dan libur Lebaran. Kami ingin pelanggan tetap menikmati pengalaman terbaik di saat-saat penting mereka berkumpul, bersilaturahmi dan menikmati libur Lebaran. Kami juga melibatkan lebih dari 1800 tim teknis untuk mendukung operasional jaringan secara harian selama masa trafik tinggi, untuk memastian bahwa jaringan kami memberikan performansi terbaik untuk pelanggan,” demikian disampaikan Dejan Kastelic, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo.

 

Baca juga: 4 Fitur WhatsApp Berguna untuk Para Pemudik, Nomor 1 Penting Banget

Upaya memastikan kualitas jaringan selama mudik juga dilakukan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai pusat monitoring seluruh jaringan secara nasional.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini