Asus Zenfone Max Pro, si Baterai Gahar untuk Bermain Game

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 17 Juni 2018 10:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 13 92 1910053 asus-zenfone-max-pro-si-baterai-gahar-untuk-bermain-game-SM85hwesHK.jpg Zenfone Max Pro (Foto: Ahmad Luthfi/Okezone)

ASUS telah memproduksi ponsel terbaru mereka yang dijuluki Zenfone Max Pro. Handset tersebut diproduksi di Indonesia, di mana perusahaan menggandeng PT Sat Nusapersada, pabrik manufaktur yang terletak di Batam.

Kemunculan Zenfone Max Pro bisa dikatakan tidak berselang lama setelah sebelumnya Asus mengungkap kehadiran Zenfone Max Plus. Perbedaan di antara keduanya juga bisa dibilang 'nanggung'.

Hal ini bisa dilihat dari sisi baterai, di mana Asus menyediakan seri Max yang memang unggul dari sisi ketahanan baterai. Zenfone Max Plus memiliki kapasita baterai 4.130 mAh, sedangkan pada seri Max Pro dibekali dengan kapasitas baterai 5.000 mAh.

Desain

Dari sisi tampilan desain, Zenfone Max Pro membawa perubahan terutama pada layarnya yang lebih besar, yakni 5,99 inci dan juga dual kamera belakang dengan gaya vertikal.

Sekilas, wujud Max Pro terlihat lebih ramping ketimbang seri Zenfone Max generasi awal. Layar terlihat lebih mulus dengan resolusi 1080 x 2160 pixels, rasio 18:9 dan kerapatan layar 402 ppi.

 

Pada tampilan depan, layar terlihat lebih luas dengan tetap menjaga tiga tombol fungsi seperti back, home dan recent apps di bagian bawah. Pada bagian atas terlihat kamera depan untuk para penggemar selfie.

Pada sisi bagian kiri, terdapat tombol fisik power dan juga tombol volume untuk bisa menaikan dan menurunkan volume suara. Sementara pada bagian sisi kanan, terdapat slot untuk memasukan kartu SIM dan microSD.

 

Baca juga: 5 Smartphone dengan Kamera Terbaik di 2018

Pada bagian belakang, terdapat dual kamera di bagian pojok kiri atas yang dilengkapi dengan LED flash di bagian bawahnya. Asus juga menyematkan fitur sensor sidik jari di bagian punggung ponsel.

Di bagian bawah perangkat, terdapat slot microUSB, jack audio 3.5mm serta loud speaker.

 

Baca juga: 5 Aplikasi yang Banyak Menyedot Kuota Internet Anda

Performa

Untuk menguji performa perangkat, diperlukan beberapa pengetesan, salah satunya dijajal dengan bermain game dan juga menjalankan aplikasi benchmark. Okezone langsung meng-install Tekken yang merupakan game 3D dengan tema pertarungan satu lawan satu.

 

Pada saat menjalankan permainan Tekken, handset bisa menampillan grafis yang cukup baik. Tidak ada lag yang ditemukan dalam game ini, gerakan karakter dalam permainan juga terlihat alami serta memanjakan mata.

Selain menjajalnya dengan game Tekken, Okezone juga mengujinya dengan aplikasi benchmark AnTuTu v7.0.7. Handset menunjukkan skor AnTuTu sebesar 112.850. Skor yang cukup besar, namun tidak lebih besar ketimbang seri SM-G965U yang memiliki skor 264.769.

 

Dilihat dari skor benchmark AnTuTu, Zenfone Max Pro lebih kuat ketimbang seri Zenfone Max Plus dengan skor 53.135. Zenfone Max Pro bisa mencapai skor AnTuTu nyaris lebih dari dua kali lipat skor Zenfone Max Plus.

Selain menguji dengan aplikasi AnTuTu, Okezone juga menjalankan aplikasi Geekbench 4. Terlihat bahwa handset dengan dukungan Android 8.1.0 ini menampilkan skor Single-Core 1329 dan Multi-Core 4925.

 

Pada saat memainkan game Asphalt 8, handset bisa menjalankan permainan dengan mulus. Dengan pengaturan grafis High permainan tetap dapat berjalan dengan baik.

Kamera

Asus menawarkan berbagai macam modus kamera seperti Auto, HDR, Portrait, Landscape, Sports, Flowers, Backlight hingga Night. Saat mengaktifkan modus HDR, maka warna pada objek foto tampak lebih menonjol, namun kecerahan terlihat ditingkatkan atau malah menyebabkan foto menjadi tidak terlihat alami.

 

Efek bokeh yang ditawarkan cukup lumayan, sehingga memberikan hasil foto yang mengesankan. Terdapat pula fitur beauty yang bisa diatur mulai dari low hingga high. Fitur beauty berguna bila pengguna ingin wajah tampil lebih mulus tanpa detail kulit, terutama saat selfie.

Baterai

Baterai Zenfone Max Pro mengusung 5.000 mAh, baterai dengan kapasitas yang cukup besar saat ini untuk kelas ponsel pintar. Okezone sempat menjajal menjalankan video secara nonstop dari pukul sekira 15.00 WIB, saat itu baterai masih 100 persen.

Video diatur untuk berputar secara terus-menerus atau loop, di mana layar tetap menyala hingga keesokan harinya pada pukul 05.28 WIB, status baterai menunjukkan 27 persen.

Kesimpulan

Zenfone Max Pro menawarkan ketahanan baterai yang cukup mumpuni untuk ponsel terkini. Handset juga memiliki bodi dan kualitas layar yang menawan, yang tidak kalah dengan ponsel-ponsel kompetitor.

Bagi para penggemar game mobile, Zenfone Max Pro mungkin pilihan yang tepat dengan banderol harga yang terjangkau. Selain itu, kualitas kamera yang dihasilkan juga cukup baik dengan fitur bokeh melalui fitur dual kamera di bagian punggung ponsel.

Ponsel memang terlihat tipis, pengguna justru harus lebih berhati-hati ketika menggenggam karena dikhawatirkan ponsel akan licin. Beratnya juga bisa dikatakan lumayan, mungkin hal ini wajar oleh karena Zenfone Max Pro dibekali dengan baterai 5.000 mAh.

Spesifikasi

Layar 5,99 Inci (1080 x 2160 pixels)

Prosesor Snapdragon 636

RAM 3GB

Storage 32GB

Kamera Dual 13MP + 5MP, LED Flash

Kamera Depan 8MP

Baterai 5.000 mAh

Sistem Operasi Android 8.1 (Oreo)

1 / 4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini