Lawan YouTube, Instagram IGTV Tak Dijejali Iklan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 21 Juni 2018 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 21 207 1912219 lawan-youtube-instagram-igtv-tak-dijejali-iklan-NPsPwy5Mja.jpg (Foto: Techcrunch)

JAKARTA - Instagram merilis aplikasi baru yang dinamakan IGTV. Aplikasi ini berdiri sendiri dan bisa juga diakses melalui icon yang muncul di atas tampilan Stories.

Dengan kehadiran IGTV, pengguna kini bisa mengunggah video berdurasi lebih panjang, yakni mencapai durasi 1 jam. Dengan video berdurasi panjang tersebut, IGTV tampak bersaing dengan YouTube yang lebih dulu tampil sebagai layanan berbagi video gratis.

Dilansir Nbcnews, Kamis (21/6/2018), perusahaan berbagai gambar yang dimiliki Facebook, Instagram mengungkap pada Rabu sebuah portal video berdurasi panjang yang dinamakan IGTV. Peluncuran ini tampak membawa dampak besar dalam sejarah aplikasi tersebut.

Fitur pada IGTV memungkinkan orang mengirim video hingga satu jam dan mendorong individu untuk memulai saluran mereka sendiri. Video tampil dalam format vertikal untuk ponsel pintar dan pertama kali dipopulerkan oleh Snapchat.

Upaya menghadirkan layanan video baru ini diumumkan pada acara di San Francisco, di mana co-founder Kevin Systrom juga berbagi bahwa Instagram kini memiliki lebih dari satu miliar pengguna.

 

"Bagaimana kami menonton berubah dengan cepat, tetapi apa yang kami saksikan berubah juga," kata Systrom.

Baca juga: Tanpa Bezel, Inikah Penampakan Bodi Samsung Galaxy S10?

IGTV akan menjadi bagian dari tab penelusuran di Instagram dan juga akan menjadi aplikasi yang berdiri sendiri, di mana orang dapat menonton video vertikal dari "ratusan pencipta" yang bekerja dengan Instagram.

"Saat ini, kami fokus untuk membangun keterlibatan, dan saat ini, tidak ada iklan di IGTV sejak hari pertama," ujar Systrom.

Ia juga melihat kesempatan bagi para pembuat konten untuk memonetisasi pengikut mereka di masa depan, mirip dengan yang mereka sudah dapat di YouTube.

 

Baca juga: Usung RAM 8GB, Intip Spesifikasi Lengkap Asus Zenfone Ares

Secara khusus, remaja terpaku pada smartphone mereka, dengan 95 persen memiliki akses ke telefon dan 45 persen melaporkan bahwa mereka online “hampir terus-menerus,” menurut survei dari Pew Research Center.

Dari remaja yang disurvei, 85 persen mengatakan mereka menggunakan YouTube, dan 72 persen mengatakan mereka menggunakan Instagram, diikuti oleh Snapchat pada 69 persen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini