Kazuo Kashio, Pendiri Casio Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun

Angkasa Yudhistira, Jurnalis · Kamis 21 Juni 2018 08:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 21 57 1912156 kazuo-kashio-pendiri-casio-pendiri-casio-meninggal-dunia-di-usia-89-tahun-OYPo8T4gdl.jpg Kazuo Kashio meninggal dunia (Foto: Nytimes)

TOKYO - Kazuo Kashio, seorang ahli pemasaran yang perusahaan keluarganya, yang juga pendiri Casio Computer, dengan mempopulerkan kalkulator dan jam tangan yang kini masuk jajaran atas, meninggal dunia pada Senin 18 Juni 2018 pneumonia di sebuah rumah sakit di Tokyo, di usianya ke-89 tahun.

Seperti yang dilansir dari Nytimes, Kashio memimpin perusahaan tersebut selama hampir tiga dekade. Ia pun mengubah mini-calculator inovatif Casio menjadi perangkat universal serta mengenalkan jam tangan yang anggun dan elegan serta mempopulerkan G-Shock. Dan pada Agustus lalu, Casio bahkan menghasilkan 100 juta produk G-Shock, sejak jam tangan tersebut diperkenalkan pada 1983.

Dia dan tiga saudara laki-lakinya pun mengubah Casio dari toko alat rumah tangga di dalam negeri, menjadi perusahaan global dengan penjualan tahunan sebesar USD3 miliar dari jam tangan digital dan kamera, kalkulator, keyboard elektronik, sampai alat musik lainnya, juga printer berkecepatan tinggi.

Kazuo Kashio memiliki seorang istri bernama Soko dan dua anak perempuan dan seorang putra. Putranya, Kazuhiro Kashio, saat ini menjabat sebagai Presiden Casio. (aky)

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini