Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2018 via Klik Google Doodle

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 23 Juni 2018 14:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 23 207 1913094 intip-jadwal-pertandingan-piala-dunia-2018-via-klik-google-doodle-74FMduTrSr.jpg (Foto: Google)

JAKARTA - Beberapa waktu belakangan ini atau selama digelarnya event Piala Dunia 2018, Google tampaknya selalu menciptakan tampilan Doodle baru. Ketika Anda mengakses mesin pencari Google, Anda akan menemukan gambar bertema piala dunia 2018.

Bila Google Doodle itu diklik, maka pengguna akan dibawa menuju hasil pencarian 'World Cup 2018'. Pengguna bisa melihat skor pertandingan dari tiap Group untuk pertandingan kemarin dan juga melihat jadwal untuk pertandingan bola berikutnya.

Jadwal pertandingan bahkan bisa dipantau hingga pekan depan, lengkap dengan hari, tanggal dan jam tayang. Anda juga dapat melihat berita (News), Standings, Players, Stats dan juga Brackets.

 

Google Doodle

"Doodle adalah perubahan logo Google yang asyik, mengejutkan, dan kadang spontan, untuk merayakan liburan dan peristiwa penting, serta memperingati kehidupan para seniman, pelopor, dan ilmuwan terkenal".

Kutipan di atas merupakan cara Google dalam menjelaskan apa itu Doodle yang kerap muncul dengan animasi atau ilustrasi unik dan lucu di halaman utama mereka.

Konsep Doodle yang diterjemahkan Google sebagai orat-oret, ternyata telah lahir sebelum perusahaan didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Doodle pada saat itu digunakan oleh keduanya untuk menentukan logo perusahaan.

Baca juga: Helix Jump, Game yang Duduki Peringkat Teratas di Google Play

Awalnya Larry dan Sergey meletakkan gambar orang di belakang huruf ‘O’ kedua dalam kata Google. Meski terasa sederhana, namun ide untuk merayakan acara penting terlahir sejak saat itu yang diawali dengan Hari Bastile.

 

Penyambutan Hari Bastile datang setelah dua tahun Google beroperasi pada 2000. Larry dan Sergey meminta webmaster Dennis Hwang yang saat itu masih magang untuk membuat Doodle hari Nasional Prancis.

Baca juga: Vivo V9 6GB Tawarkan Kapasitas Lebih Besar, Berapa Harganya?

Awalnya sebagian besar Doodle dibuat untuk merayakan hari besar yang diketahui secara umum. Namun kini, penggunaan Doodle telah lebih luas dengan mengangkat berbagai macam peristiwa dan hari jadi.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini