nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saat Terancam, Katak Ini Mampu 'Terbang' Setinggi 50 Kaki

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 25 Juni 2018 05:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 23 56 1913167 saat-terancam-katak-ini-mampu-terbang-setinggi-50-kaki-RgY7MJDfa3.jpg (Foto: icr.org)

JAKARTA - Ternyata ada spesies katak yang dapat melayang atau terbang, dinamakan Wallace’s Flying Frog. National Geographic melaporkan, Wallace Flying Frog terkenal sebagai katak parasut yang menghuni hutan tropis padat di Malaysia dan Kalimantan.

Spesies ini hidup hampir secara eksklusif di pepohonan, dan turun hanya untuk kawin dan bertelur.

Ketika Wallace Flying Frog merasa terancam atau sedang mencari mangsa, ia akan melompat dari cabang ke cabang menggunakan empat kaki yang berlapis selaput.

 

Selaput di antara jari-jari kaki Flying Frog membantu mereka dalam meluncur yang terkadang tingginya bisa mencapai 50 kaki atau lebih.

Baca juga: 3 Game Alternatif PUBG yang Usung Genre Battle Royale

Flying Frog memiliki bantalan kaki yang besar untuk membantu mereka mendarat dengan baik dan menempel pada batang pohon.

Umumnya Wallace Flying Frog berwarna hijau terang dengan sisi kuning di tubuhnya dan tumbuh sekira 4 inci. Katak ini dapat bertahan hidup dengan makanan utamanya adalah serangga.

 

Baca juga: Mirip WhatsApp, Begini Kirim SMS via PC Pakai Android Messages

Populasi Wallace Flying Frog dianggap stabil dan mereka memiliki status khusus di daerah tertentu. Sebagian dari mereka berkembang biak dan bertelur di kubangan yang memancarkan bau busuk dari badak Asia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini