nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MediaTek Gantikan Intel Jadi Pemasok Modem 5G untuk iPhone?

Agregasi Antara, Jurnalis · Selasa 03 Juli 2018 15:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 03 207 1917225 mediatek-gantikan-intel-jadi-pemasok-modem-5g-untuk-iphone-11GaEE3Czw.jpg (Foto: Business IT)

JAKARTA - MediaTek hampir mencapai kesepakatan menjadi pemasok chip Wi-fi untuk perangkat HomePod Apple, namun produsen chip tersebut ternyata memiliki keinginan yang lebih tinggi yaitu pemasok modem untuk iPhone yang akan datang.

Dilansir dari GSM Arena, Apple diperkirakan akan memutus Intel sebagai pemasok modem kedua -- yang utama adalah Qualcomm -- dan mengisyaratkan bahwa MediaTek kemungkinan akan mengambil alih pesanannya.

MediaTek meluncurkan modem 5G pada awal Juni. Helio M70 diklaim mampu mencapai kecepatan 5Gbps dan akan diproduksi oleh TSMC pada proses 7nm. Modem tersebut akan mulai dikirimkan pada 2019, enam bulan lebih cepat dari jadwal semula.

MediaTek dilaporkan memajukan jadwal peluncuran modem 5G tersebut untuk memikat Apple. Namun, sebelum perusahaan yang berbasis di Cupertino itu membuat keputusan akhir, Apple dan MediaTek harus membuat peta jalan produk, pengembangan teknologi dan kolaborasi antara kedua perusahaan.

 

Dilansir Gsmarena, Helio M70 diperkenalkan pada Juni 2018. Chipset yang mendukung teknologi 5G itu kabarnya akan dikapalkan pada 2019 untuk menjawab permintaan internet berkecepatan 1 Gbps.

Baca juga: Tak Hanya Mobil, Ponsel Juga Punya Fitur Airbag

Dalam pengembangan solusi 5G di seluruh dunia, MediaTek telah mengontak Nokia, China Mobile dan Huawei untuk kerjasama teknis dan negosiasi spesifikasi.

 

MediaTek memutuskan untuk mengungkapkan Helio M70 untuk mendukung vendor smartphone global dan operator telekomunikasi.

Baca juga: Facebook dan Instagram Uji Fitur 'Do Not Disturb', Kapan Meluncur?

Pembuat chip mengumumkan volume produksi dan pengapalan resmi yang akan dimulai 6 bulan lebih awal daripada jadwal semula. Rick Tsai, CEO perusahaan mengatakan, dengan memanfaatkan berbagai solusi IP dan chipset perusahaan, MediaTek dapat membantu ekosistem dan pelanggan menggulirkan perangkat tepat pada waktunya untuk era 5G.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini