Tips Meningkatkan Akurasi GPS Ponsel Android

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 06:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 04 92 1917564 tips-meningkatkan-akurasi-gps-ponsel-android-iZF2WDB0Gq.jpg (Foto: Business Insider)

JAKARTA - GPS atau Global Positioning System bisa ditemui di berbagai perangkat pintar, termasuk smartphone. Terkadang GPS bisa tidak akurat, sehingga membingungkan bagi para pengguna atau pengendara kendaraan bermotor.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda perhatikan untuk meningkatkan akurasi GPS di ponsel, seperti diungkap dalam website Support.google.

Aktifkan Mode Akurasi Tinggi

Ada pengaturan di ponsel untuk dapat meningkatkan akurasi GPS Anda. Di ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Setelah atau Settings, tap Lokasi, di bagian atas, aktifkan lokasi, tap Mode > Akurasi Tinggi.

 

Aktifkan WiFi

Apabila lokasi pengguna masih belum jelas atau akurasi GPS belum kuat, pengguna bisa mengaktifkan fitur WiFi. Pertama, di ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Setelan, pilih WiFi kemudian di bagian atas, geser WiFi ke posisi aktif.

Baca juga: Daftar Ponsel Terbaik dengan Desain Poni, Apa Saja?

Restart Perangkat

Cara ini mungkin membutuhkan kesabaran, karena proses loading ketika booting mungkin memakan waktu untuk ponsel low-end. Akan tetapi, ini bisa menjadi salah satu cara untuk dapat meningkatkan akurasi GPS.

Situs support.google menyarankan agar pengguna menahan tombol power, lalu Matikan Daya. Lalu, aktifkan kembali ponsel dengan cara menahan tombol power hingga ponsel kembali menyala.

 

Kalibrasi Perangkat

Untuk mengetahui lokasi Anda saat ini, pada aplikasi Google Maps, Anda bisa menemukan titik biru yang bisa ditekan dan memperlihatkan lokasi Anda.

Apabila titik biru tidak menunjukkan lokasi Anda secara akurat, Anda perlu melakukan kalibarasi kompas. Caranya, buka aplikasi Google Maps, lalu buat angka 8 sampai kompas berhasil dikalibrasi.

Anda harus melakukan ini beberapa kali. Perhatikan titik biru, sinarnya harus menyempit dan menunjuk ke arah yang benar.

Baca juga: Tik Tok Resmi Diblokir Kominfo, Ini Alasannya

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini