nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wikipedia Ditutup di Beberapa Negara, Ada Apa?

Agregasi Antara, Jurnalis · Kamis 05 Juli 2018 16:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 05 207 1918373 wikipedia-ditutup-di-beberapa-negara-ada-apa-bp8X6nP2kQ.jpg (Foto: Thencn)

JAKARTA - Wikipedia ditutup sedikitnya di tiga negara pada Rabu (4/7). Ditutupnya Wikipedia sebagai protes terhadap pemilu Parlemen Eropa yang akan datang untuk sebuah undang-undang yang disengketakan guna membuat platform online secara legal bertanggung jawab terhadap material berhak paten yang dipasang di web oleh pengguna.

Di Spanyol, Italia dan Polandia, sebuah pernyataan penjelasan protes mengenai pemilu yang akan datang digelar ketika ensiklopedia online tersebut menjadi rujukan.

“Perintah tersebut akan mengancam kebebasan online dan akan menetapkan filter, penghalang dan larangan baru untuk mengakses web tersebut,” kata Wikipedia Spanyol dalam pernyataannya seperti dikutip AFP.

Baca juga: Inikah Bocoran Gambar Ponsel Samsung Android Go?

Kabarnya, jika proposal itu disetujui untuk versi yang sesungguhnya, aksi seperti berbagi berita di jejaring sosial atau mengakses berita melalui sebuah mesin pencari akan lebih rumit dibandingkan di Internet.

 

Mereka menambahkan bahwa Wikipedia akan “terancam” dan meminta pengguna untuk menghubungi anggota parlemen mereka.

Baca juga: Intip 3 Besar Ponsel Berperforma Terbaik versi AnTuTu

Perubahan undang-undang hak cipta Eropa terbagi ke dalam beberapa bagian, salah satunya adalah reformasi yang dikritik Wikipedia dan lainnya yang memperingatkan hal tersebut akan berujung pada sensor keseluruhan oleh sejumlah raksasa teknologi.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini