nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Elon Musk Bikin 'Kapal Selam' untuk Selamatkan Remaja Thailand

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 11:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 09 56 1919787 elon-musk-bikin-kapal-selam-untuk-selamatkan-remaja-thailand-cn15H5qotF.jpg (Foto: Elon Musk/SpaceX/Arstechnica)

JAKARTA - Penyelam di Thailand telah menyelamatkan empat dari 12 anak laki-laki yang telah terjebak di gua bersama pelatih mereka. Tim penyelamat berharap bisa menyelamatkan sisanya dalam beberapa hari ke depan.

Elon Musk, pendiri SpaceX ternyata tidak tinggal diam dan menciptakan kapal selam yang diperuntukkan untuk menyelamatkan remaja Thailand yang terjebak di gua akibat banjir. Elon Musk bekerja pada strategi alternatif yang bisa digunakan penyelam bila cara konvensional terlalu sulit untuk menyelamatkan remaja yang tersisa.

Dilansir Arstechnica, Senin (9/7/2018), pada Sabtu, Musk memutuskan untuk membangun 'kapal selam ukuran anak kecil dengan menggunakan tabung transfer oksigen cair dari roket Falcon sebagai lambung'. Dia memerintahkan insinyur SpaceX untuk mulai membangun perangkat, mengatakan bahwa itu bisa siap digunakan.

Pada saat alat ini selesai dikerjakan, para pejabat Thailand telah memulai operasi penyelamatan mereka tanpa bantuan Musk. Jadi teknologi itu sepertinya tidak akan diperlukan.

 

Baca juga: Apple Tak Lagi Gunakan Chip Intel pada 2020?

Namun Musk memutuskan untuk terus maju. "Bahkan jika tidak berguna di sini, mungkin itu akan terjadi di masa depan," tweet Musk.

Pada hari Minggu, ia memposting foto perangkat yang sudah selesai. "Diuji lebih dari 3 jam lagi di LA, kemudian di pesawat ke Thailand," tweet Musk pada Minggu pagi, waktu California.

Dalam foto yang beredar, kapal selam mini ini tampak seperti tabung yang sempit. Kabarnya, tabung ini memiliki ukuran lebar 31 centimeter. Meskipun sempit bagi orang dewasa, tetapi itu mungkin cukup besar untuk para remaja Thailand, terutama yang lebih muda untuk bisa masuk.

Baca juga: Daftar Ponsel Xiaomi yang Dapat MIUI 10 Global Beta 8.7.5

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini