nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tik Tok Dilarang untuk Pengguna Usia di Bawah 13 Tahun

Agregasi Harian Jogja, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 08:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 12 207 1921212 tik-tok-dilarang-untuk-pengguna-usia-di-bawah-13-tahun-Uyl0ljixoa.jpg Aplikasi Tik Tok

JAKARTA - Meskipun pemerintah sudah membuka akses aplikasi Tik Tok, namun tidak semua pengguna remaja bisa memakai aplikasi tersebut. Jika pengguna berusia di bawah 13 tahun, maka mereka tak diperbolehkan mengakses aplikasi besutan ByteDance itu.

Dirjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan Tik Tok menaikkan batas usia minimum pengguna mereka menjadi 13 tahun dari semula 12 tahun. Namun, batas ini tidak setinggi yang Tik Tok janjikan pada saat pertama kali bertemu pihak Kemenkominfo yakni 16 tahun.

Alasannya, batas umur tersebut menyesuaikan rata-rata batas umur yang diterapkan aplikasi lain, misalnya Facebook. “[Sudah] berbicara dengan KPAI mengenai batasan umur,” ujar pria yang akrab dipanggil Semmy ini di Kantor Kemenkominfo.

 

Adapun untuk menghindari kecurangan atau pemalsuan umur, menurut Semmy ada teknologi pengenalan wajah yang akan memindai wajah pengguna. Jika pengguna terdeteksi masih di bawah usia minimal maka akunnya akan ditutup.

Baca juga: Pocophone, Ponsel Baru Xiaomi dengan RAM 6GB

Tik Tok juga tengah berkoordinasi dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) untuk membuat sebuah program yang ditujukan bagi anak-anak Indonesia dalam rangka Hari Anak.

Semmy menuturkan sebenarnya aplikasi Tik Tok cukup menarik. Platform video pendek tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sarana ekspresi dan kreasi remaja Tanah Air. Bahkan, dia menyebut Tik Tok sebagai mirip ajang penyaluran bakat di televisi. Apalagi masuk televisi tidak mudah dan Tik Tok bisa menjadi alternatif.

 

Baca juga: Apple Stop Produksi iPhone X dan SE?

“Ini ada screen kecil yang memungkinkan mereka dilihat oleh hampir 10 juta pengguna di Indonesia. Mungkin juga bisa dilihat oleh talent scouting dan diajak masuk TV seperti siapa itu kemarin, Bowo,” tambahnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini