5 Tips agar WhatsApp Seolah Tak Aktif untuk Lindungi Privasi

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 06:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 12 92 1921620 5-tips-agar-whatsapp-seolah-tak-aktif-untuk-lindungi-privasi-SHHb23vgGp.jpg (Foto: Softonic)

JAKARTA - WhatsApp bisa dipakai untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga. Terkadang, aplikasi ini juga dimanfaatkan oleh orang yang tidak Anda kenal untuk bisa menghubungi Anda.

Ketika ia menghubungi Anda, mungkin saja ia dapat melihat foto profil atau informasi lainnya, sehingga privasi Anda terasa terganggu karenanya. Dengan menyembunyikan beberapa informasi, termasuk status atau foto profil, setidaknya pengguna sudah berupaya agar orang yang tidak dikenal tidak dapat melihat keterangan mengenai diri Anda.

Hal ini dianggap penting untuk mencegah potensi tindak kejahatan yang mungkin terjadi pada diri pengguna. Berikut Okezone paparkan tips agar WhatsApp seolah tidak aktif untuk melindungi privasi Anda.

Sembunyikan Status

Status pada WhatsApp memperlihatkan pesan yang Anda sampaikan kepada pengguna WhatsApp lainnya. Teks status bisa dilihat apabila seseorang mengakses profil dan melihat bagian 'About' dari diri pengguna.

 

Agar tidak sembarang orang dapat melihat status Anda, maka Anda bisa menyembunyikannya dengan mengakses Settings, Account, Privacy, kemudian klik About. Pilih Nobody agar tidak ada satupun orang yang bisa melihat status Anda.

Baca juga: Android Pistachio Jadi Nama Versi Android Berikutnya?

WhatsApp Status

Fitur WhatsApp Status memungkinkan pengguna berbagi teks, foto, video atau animasi GIF yang akan hilang setelah 24 jam. Khusus fitur ini, pengguna bisa mengaturnya agar Status hanya bisa dilihat oleh kontak Anda, Kontak Anda kecuali, atau hanya kontak tertentu yang bisa melihat Status Anda.

 

Untuk mengaturnya, pengguna bisa mengakses Settings, Account, Privacy, lalu klik Status untuk menuju 'Status privacy'. Di sini Anda tinggal memilih pengaturan yang Anda inginkan.

Baca juga: Twitter 'Bersih-Bersih' Bakal Pengaruhi Jumlah Follower Pengguna

Hilangkan Tanda Centang Biru

Tanda centang biru memperlihatkan apakah pesan Anda telah dibaca oleh pengguna WhatsApp lainnya atau apakah Anda telah membaca pesan yang dikirimkan oleh orang lain.

Apabila pengguna menonaktifkan fitur ini, maka orang lain tidak mengetahui apakah Anda sudah membaca teks atau belum dan tidak mengetahui apakah Anda sedang dalam posisi aktif atau sebaliknya.

 

Untuk menghilangkan fitur tanda centang biru, pengguna bisa mengakses Settings, Account, Privacy dan hilangkan tanda centang pada 'Read receipts'.

Sembunyikan Foto Profil

Dengan menyembunyikan foto profil, orang lain yang tidak Anda kenal mungkin menyangka bahwa WhatsApp Anda tidak aktif. Untuk menyembunyikan foto profil, pengguna bisa menuju Settings, Account, Privacy dan temukan Profile photo.

 

Kemudian, pengguna tinggal mengaturnya apakah ingin memperlihatkan foto kepada semua orang, kontak, atau tidak kepada siapapun.

Tak Menampilkan 'Last Seen'

Fitur Last Seen bisa dilihat oleh pengguna WhatsApp lainnya. Fitur ini bisa memberitahukan orang lain terkait kapan Anda terakhir kali online di aplikasi pesan instan ini.

Untuk menyembunyikan Last Seen, maka pengguna bisa mengakses Settings, Account, Privacy dan mengklik Last seen. Kini Anda bisa mengatur agar orang lain tidak bisa melihat kapan Anda terakhir online dengan memilih Nobody atau hanya teman yang berada di daftar kontak, dengan memilih My contacts.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini