Modus Incognito YouTube untuk Android Hilangkan Jejak Digital

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 13:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 13 207 1921891 modus-incognito-youtube-untuk-android-hilangkan-jejak-digital-dElZOd3Rns.jpg (Foto: Techradar)

JAKARTA - YouTube baru-baru ini menghadirkan modus baru Incognito untuk versi aplikasi mobile, Android. Dengan modus ini, maka pengguna diklaim bisa menonton video tanpa pernah meninggalkan jejak digital.

Dilansir Techradar, Jumat (13/7/2018), meskipun demikian, alamat IP Anda tetap akan terekam. Untuk mengakses modus Incognito di aplikasi YouTube, Anda bisa menekan icon Account, temukan 'Turn on Incognito' yang berlokasi di atas Settings,

Bila telah diaktfikan, riwayat penayangan (viewing history) Anda tidak akan direkam. Meskipun fitur ini dianggap bagus, namun dikatakan bahwa ini sedikit cacat dalam pelaksanaannya.

Misalnya, Anda mencoba untuk menonton konten yang dibatasi usianya, sementara Incognito akan meminta Anda untuk mematikan modus itu dan masuk ke akun Anda lagi. Ini membuat fitur tersebut menjadi tidak berguna.

 

Baca juga: Bocoran Harga dan Warna Galaxy Note 9 Terungkap

Pada dasarnya, mengaktifkan modus Incognito menawarkan kepada Anda pengalaman YouTube seperti Anda tidak perlu repot-repot untuk sign-in.

Akan tetapi, Anda tetap tidak bisa mengakses konten dewasa, Anda juga tidak bisa menuliskan komentar, like, menambah favorit atau subscribe channels.

 

Baca juga: 5 Tips agar WhatsApp Seolah Tak Aktif untuk Lindungi Privasi

Situs Makeuseof melaporkan, modus Incognito juga ada di Google Chrome. Modus ini memberi Anda tingkat privasi tertentu.

Dengan modus Incognito, video yang sudah Anda tonton tidak akan muncul di history Anda dan Anda tidak akan mendapatkan rekomendasi di masa depan.

Modus ini bisa berguna bila Anda meminjamkan ponsel atau perangkat mobile Anda kepada seseorang. Setelah diaktifkan, hanya bagian Home dan Trending yang akan dapat diakses.

Subscription, Inbox, dan Library Anda semuanya tersembunyi saat berada dalam modus Incognito tersebut.

Meskipun memakai fitur ini, Google memperingatkan bahwa "aktivitas Anda mungkin masih terlihat oleh pemberi kerja, sekolah, atau penyedia layanan internet". Dengan kata lain, jangan menganggap semua yang Anda lakukan di Mode Penyamaran (Incognito Mode) bebas dari mata-mata.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini