Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenang Apollo 11, Misi Luar Angkasa Bawa Manusia ke Bulan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 16 Juli 2018 06:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 13 56 1922105 mengenang-apollo-11-misi-luar-angkasa-bawa-manusia-ke-bulan-PYWMrZJXBm.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Teknologi terus dikembangkan untuk dapat membawa manusia ke luar angkasa. Beberapa dekade lalu, tepatnya 1969, manusia telah mampu menciptakan pesawat luar angkasa yang membuat perjalanan bersejarah.

Dilaporkan History, upaya AS mengirimkan astronotnya ke bulan pertama kali dicetuskan oleh Presiden John F Kennedy di depan Kongres pada 25 Mei 1961.

Keberhasilan AS mengirimkan astronot ke bulan tidak terlepas dari perlombaan teknologi yang menjadi bagian dari Perang Dingin dengan Uni Soviet. Negara yang mampu dan berhasil mencapai luar angkasa berada di 'garis terdepan' dalam perlombaan teknologi.

Perkembangan perlombaan teknologi ini menunjukkan titik terang pada 1966. Ketika itu, NASA mengadakan misi peluncuran Apollo tanpa awak untuk menguji integritas struktural kendaraan peluncuran yang diusulkan serta kombinasi pesawat luar angkasa.

 

Baca juga: Ini Alasan Tak Boleh Sembarangan Screen Capture Percakapan

Akan tetapi, tragedi terjadi pada 27 Januari 1967 di Kennedy Space Center, Cape Canaveral, Negara Bagian Florida. Saat itu, terjadi kebakaran saat peluncuran Apollo dan roket Saturn. Insiden tersebut merenggut nyawa tiga orang.

Meskipun terjadi insiden kecelakaan, badan antariksa AS, NASA terus berusaha untuk mencapai targetnya demi mengirim manusia ke bulan. Pada 1968, NASA berhasil mengadakan sejumlah peluncuran di mana pesawat Apollo bisa mengitari bulan dan berhasil kembali ke Bumi dengan selamat.

 

Baca juga: 5 Tips agar WhatsApp Seolah Tak Aktif untuk Lindungi Privasi

Kemudian pada 16 Juli 1969, Apollo 11 yang mengangkut Neil Armstrong, Edwin Aldrin Jr, dan Michael Collin, meluncur menuju bulan. Setelah 76 jam, Apollo 11 masuk ke orbit bulan pada 19 Juli.

Tepat 20 Juli, Armstrong dan Aldrin menaiki Eagle yang menjadi kendaraan mereka untuk mencapai bulan. Pada pukul 16.18, Eagle pun sampai di wilayah bulan yang diberi nama Sea of Tranquility.

Armstrong kemudian memberikan laporan ke Bumi mengenai pendaratan tersebut dengan mengatakan, “The Eagle has landed (Elang sudah mendarat)”.

Beberapa jam kemudian, Armstrong pun keluar dari Eagle secara perlahan dengan kamera yang merekam momentum bersejarah tersebut.

Ratusan juta pasang mata yang ketika itu menyaksikan pun mendengar Armstrong mengungkapkan, “Itu satu langkah kecil bagi manusia, satu lompatan raksasa bagi manusia”. Armstrong lalu melangkahkan kakinya di permukaan bulan dan saat itulah menjadi waktu di mana manusia pertama kali mendarat di bulan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini