Tingkatkan Keamanan, Facebook Messenger Siapkan Fitur Cegah Peretas

Agregasi Solopos, Jurnalis · Kamis 19 Juli 2018 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 19 207 1924325 tingkatkan-keamanan-facebook-messenger-siapkan-fitur-cegah-peretas-2FXyZhlFz4.jpg (Foto: TechCrunch)

SOLO – Facebook menjadi salah satu platform media sosial yang dipakai untuk menyebarkan berita bohong dan propaganda. Bahkan, Facebook juga sering digunakan untuk melakukan kejahatan seperti penipuan. Guna menanggulangi hal tersebut, tim Facebook terus memperbaiki layanan dengan meningkatkan sistem keamanan.

Baru-baru ini, Facebook dilaporkan tengah menguji coba fitur baru untuk Messenger. Selama ini, Facebook Messenger dimanfaatkan untuk berkirim pesan bagi pengguna Facebook melalui smartphone.

Namun, belakangan kejahatan yang dilakukan melalui Facebook Messenger meningkat. Oleh sebab itu, Facebook menguji sistem terbaru yang bakal memberikan notifikasi setiap kali ada pesan mencurigakan yang masuk ke akun pelanggan melalui Messenger.

Mengutip Engadget, Rabu (18/7/2018), fitur baru ini bakal memilah dan memberikan notifikasi pada setiap pesan masuk dari pemilik akun Facebook asing yang belum pernah berinteraksi sebelumnya dengan pelanggan. Selanjutnya, mereka bakal meminta persetujuan pengguna sebelum membuka pesan itu.

 

Baca juga: Oppo Resmi Rilis Find X di Indonesia, Ini Spesifikasinya

"Kami menguji coba fitur baru untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam mengakses Facebook. Nantinya, setiap pengguna bakal mendapat notifikasi setelah menerima pesan dari akun Facebook asing. Cara ini memberikan pilihan kepada pengguna untuk menyetujui atau menolak membaca pesan yang diterima," terang tim Facebook.

Baca juga: WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Stiker, Ini Bocoran Tampilannya

Fitur terbaru dari Facebook itu juga dapat membatasi ruang gerak peretas. Sistem baru ini dapat melihat jejak peretas yang membobol sebuah akun Facebook. Mereka bakal sangat mudah dikenali dengan melihat cara login (masuk) ke sebuah akun, yakni melalui nomor ponsel ataupun e-mail. Dengan demikian, fitur baru ini dapat membantu pengguna Facebook mengenali akun yang berinteraksi dengan mereka asli atau palsu.

 

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini