Program The NextDev Jaring Potensi Developer Muda

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 19 Juli 2018 16:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 19 207 1924605 program-the-nextdev-jaring-potensi-developer-muda-IY9d2NzwYG.jpg (Foto: PCMag)

JAKARTA - Telkomsel kembali mengumpulkan potensi-potensi developer muda melalui program The NextDev. Program kali ini, bertujuan untuk menjaring para generasi muda yang mampu membuat teknologi yang memiliki dampak sosial terhadap masyarakat.

“Kita mengambil tema Passion Plus Purpose Equal with Social Impact, untuk mengembalikan lagi pemikiran orang Indonesia di mana, untuk menciptakan sosial impact harus dibutuhkan orang yang memiliki tujuan. Di sini (The NextDev) kita mencoba untuk mengumpulkan orang-orang ini," kata Project Manager The NextDev, Stefanus Steve Saerang di Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Menurutnya, para peserta tidak hanya membuat aplikasi untuk gaya-gayaan saja. Namun melihat orang-orang di sana yang membutuhkan aplikasi untuk transportasi atau perikanan.

Terkait penjaringannya, The NextDev melakukan sebuah kompetisi untuk para startup muda.

“Belajar dari tiga tahun ini. Kalau orang Indonesia tidak berkompetisi dia tidak akan terasah. Mereka pertama mendaftar secara online, kemudian diakurasi apakah aplikasi mereka powerfull. Siapa yang aplikasinya memiliki impact yang lebih nasional dan mengglobal dialah yang terpilih,” imbuh dia.

 

Kemudian, untuk pesertanya telah mencapai ratusan, yang meliputi 7 kota besar di Indonesia, di antaranya Batam, Yogyakarta, Denpasar, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Semarang. Mereka akan diseleksi yang terbaik menjadi 20 terbaik.

Baca juga: Google Terancam Denda Rp72 Triliun Gara-Gara Memonopoli OS Android

Kemudian, startup-startup pilihan para juri dari setiap kota akan berkompetisi pada Final Pitching Day di Jakarta. Mereka nantinya, berkesempatan mengikuti program pengembangan bisnis The NextDev Academy, serta memperoleh hadiah dan fasilitas pengembangan startup lainnya.

Lebih lanjut, program semacam ini mampu mengidentifikasi perkembangan startup muda di Indonesia.

 

Baca juga: Telkomsel 'NextDev On The Mission' Rangkul Anak Muda di Indonesia Timur

Steve menyebutkan jika data dari The NextDev menunjukkan bahwa event ini mengalami pertumbuhan yang semakin tinggi, yakni 30-40 persen setiap tahunnya.

“Mereka ingin membuat sesuatu yang out of the box, mereka ingin membuat aplikasi yang bisa menjadi portofolio mereka untuk bekerja di suatu perusahaan. Lebih ke arah sana, jadi dari segi kualitas juga sangat baik,” kata dia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini