Share

Teknologi Blockchain Bakal Berkembang di Indonesia, Ini Alasannya

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 20 Juli 2018 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 19 207 1924746 teknologi-blockchain-bakal-berkembang-di-indonesia-ini-alasannya-gk3QU9HfKm.jpg (Foto: Pixabay/Tumisu)

JAKARTA - Teknologi blockchain diyakini akan berkembang di negeri ini mengingat penerapannya dapat dipakai di berbagai sektor.

“Saya rasa Indonesia akan cepat memakai teknologi ini, dari segi startup maupun perusahaan yang sudah settle,” kata Ketua Asosiasi Blockchain Indonesia, Steven Suhadi, saat lokakarya untuk wartawan di Jakarta, Kamis.

Teknologi pencatatan data terintegrasi ini tergolong baru, meskipun sebetulnya blockchain merupakan gabungan dari teknologi yang telah lama ada, yaitu enkripsi, internet dan kesepakatan.

Pemain blockchain di Indonesia pun belum begitu banyak, namun, tidak berarti Indonesia ketinggalan karena di tingkat global, teknologi ini pun masih tergolong baru, meski pun memang ada sejumlah negara yang lebih maju dalam menerapkan blockchain seperti Jepang.

 

Saat ini, kata Steven, sebaran pengetahuan mengenai blockchain di Tanah Air belum merata, membuatnya menjadi tantangan bagi aplikasi blokchain di Indonesia.

“Tantangan blockhain di Indonesia, tentang edukasi, kebanyakan mereka tahu blockchain sama dengan Bitcoin,” kata dia.

Baca juga: 4 Hero Terunik di Mobile Legends yang Bikin Geregetan

Steven mengharapkan dengan edukasi, para pengembang yang membuat solusi berbasis blockchain dapat memiliki peningkatan kemampuan.

Baca juga: Developer Mobile Legends Bayar Rp40,4 Miliar kepada Tencent, Ada Apa?

“Saya rasa blockchain punya kesempatan untuk melompat kalau edukasi lebih baik,” kata dia.

Di samping edukasi, peran pemerintah terhadap kemajuan teknologi ini juga penting. Asosiasi berharap pemerintah membuat regulasi yang kondusif agar pertumbuhannya positif.

Baca Juga: Rayakan Satu Tahun, BuddyKu Fest Hadirkan Sesi Media Challenges

Follow Berita Okezone di Google News

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini