Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah Drone Aquila, Facebook Kini Bangun Satelit Internet

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 21 Juli 2018 11:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 21 207 1925378 setelah-drone-aquila-facebook-kini-bangun-satelit-internet-iIzlGw2FPE.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Facebook tidak berhenti untuk berinovasi dan menyebarkan internet di wilayah terpencil. Sebelumnya perusahaan jejaring sosial itu menggarap drone Aquila untuk menyebarkan internet, dan telah diumumkan bahwa perusahaan tidak lagi memproduksi drone internet tersebut.

Terkini, seperti dilansir Mashable, Sabtu (21/7/2018), jejaring sosial bekerja pada satelit baru yang menyediakan koneksi internet broadband untuk 'area yang belum terlayani dan kurang terlayani', menurut dokumen FCC yang ditemukan oleh Wired.

Dokumen itu menjelaskan beberapa email antara FCC dan perwakilan Facebook dari 2016 dan 2018. Sebuah pesan di 2018 mengungkap bahwa Facebook mengungkap aplikasi percobaan untuk satelit Athena.

Awal tahun ini, rumor bermunculan yang mengungkap bahwa perusahaan sedang mengerjakan proyek satelit lain. IEEE menemukan arsip FCC yang mengacu pada satelit Athena, yang tampaknya mengarah kembali ke Facebook.

 

Perusahaan mengonfirmasi proyek Athena untuk Wired, meskipun tidak menguraikan rencana khusus untuk satelit. Jejaring sosial yang diciptakan Mark Zuckerberg itu telah mencoba teknologi satelit sebelumnya.

Facebook seharusnya meluncurkan satelit internet untuk bagian Afrika pada 2016, tetapi hilang ketika roket SpaceX meledak selama tes.

Baca juga: Canggih, Robot Ini Bisa Antar Makanan ke Rumah

Jejaring sosial telah membuat investasi besar dalam membawa konektivitas internet ke tempat-tempat di mana orang tidak memiliki akses ke koneksi broadband. Perusahaan tersebut sebelumnya menguji sebuah pesawat tak berawak internet bernama Acquila, sebuah proyek yang 'terbunuh' awal tahun ini.

 

Baca juga: Facebook 'Bersih-Bersih' Berantas Konten Provokatif

Selain memungkinkan misi memproklamirkan diri Facebook untuk "menghubungkan dunia," membawa bagian terpencil dunia secara online adalah bagian strategis dari bisnis Facebook. Dengan lebih dari 2 miliar pengguna, perusahaan harus menemukan cara-cara kreatif untuk menjangkau pemirsa baru jika ingin terus berkembang.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini