Sesar Palu-Koro Diperkirakan Menyimpan Gempa Bumi Besar

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 09:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 24 56 1926433 sesar-palu-koro-diperkirakan-menyimpan-gempa-bumi-besar-5xkVztDj8G.jpg Ilustrasi pendeteksian gempa bumi besar. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Tim Ekspedisi Palu-Koro pada 1 Agustus mendatang akan menuju ke Sulawesi Tengah. Mereka akan meneliti sesar Palu-Koro di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang diperhitungkan menyimpan gempa besar.

Mudrik Daryono dari Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI melakukan penelitian berbagai sesar di Sulteng pada 2011 untuk disertasi gelar doktor.

"Jadi yang pertama kali, kita tadi jelaskan bahwa di situ tantangan geologinya itu cukup rumit, terus kemudian peneliti juga banyak di situ, tetapi kita juga punya masalah juga, karena belum memberi nama yang baik. Jadi mereka menarik sesar-sesar, tapi tidak memberikan informasi dia itu disebut sesar apa," kata Mudrik dalam sebuah wawancara yang diunggah oleh Ekspedisi Palu-Koro.

(Baca juga: Menilik Terjadinya Sesar Palu-Koro, Gempa Terbesar yang Pernah Ada)

(Foto: Reuters)

Ia mengatakan, hal pertama yang dikerjakan itu mencoba mengumpulkan seluruh data, kemudian dia coba memberikan tata nama yang baik. Kedua, peneliti menggunakan data resolusi tinggi.

Mudrik menjelaskan bahwa sesar Palu-Koro dibagi lima segmen. "Yang paling utara, mulai dari segmen Palu, kemudian selatannya segmen Saluki, lebih ke selatan, segmen Moa, dia mulai berbelok yaitu di segmen Melowi, kemudian garis ini dan menyambung dengan Sesar Matano," terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sesar Matano itu sendiri bukan satu single garis sesar, namun tersegmentasi juga, ada tujuh segmen Matano.

Sesar Matano bergerak dengan kecepatan antara 30–40 milimeter per tahun. Sementara Sesar Semangko di Sumatera hanya kira-kira 10 milimeter per tahun.

"Gempa bumi di sumatera dalam satu kurun waktu itu menghasilkan satu gempa bumi, di sesar Palu-Koro-Matano ini dia menghasilkan empat gempa bumi. Jadi, dia produktif sekali menghasilkan gempa Bumi," tuturnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini