nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini yang Harus Diperhatikan saat Memulai Startup

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 25 Juli 2018 16:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 25 207 1927195 ini-yang-harus-diperhatikan-saat-memulai-startup-21y3YvSya1.jpg Ilustarsi Starup (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bisnis starup sudah banyak digeluti oleh masyarakat. Terlebih, memulai bisnis startup memang menjadi peluang yang menjanjikan di era digital seperti sekarang ini. Banyak manusia yang semakin membutuhkan perkembangan baru khususnya di dunia teknologi.

Startup merupakan bisnis rintisan berbasis teknologi. Sebut saja, seperti berbagai aplikasi ojek online, aplikasi e-commerce, aplikasi keuangan, dan banyak lagi.

Founder dan CEO Cashlez, Teddy Setiawan Tee menyebutkan jika akar dari memulai bisnis startup adalah passion.

 "Kalau saya selalu menganggap sesuatu datang dari passion. Kalau misalnya, tidak ada passion biasanya akan cepat kandas dengan sendiri. Sebelum saya memulai startup ini (Cashlez), saya memiliki pengalaman di bank dan payment. Dan kemudian saya berpikir bahwa banyak sekali hal yang dapat di-improve dari financial service di Indonesia," tutur dia, saat ditemui di gedung Multivision Tower, Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Dia melanjutkan, jika setiap kali orang memulai bisnis startup harus memikirkan ide atau hal apa yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang ada saat ini.

 "Dari situ kita juga harus tahu marketnya berapa besar, potensialnya berapa besar, dan saingan kita siapa. Modalnya seperti apa, itu yang harus dicatat penting," tambah dia.

CEO Cashlez

Baca Juga: NextICorn Ajak Startup Indonesia Bertemu Investor Global

Setelah semuanya didapatkan yang paling terpenting lagi, menurut Teddy adalah bagaimana mengeksekusi hal tersebut dan bekerjasama dengan seluruh tim.

Dia menyebutkan jika ide berbisnis startup sudah sangat lama, karena dirinya bekerja di perusahaan financial telah lama, yakni 10 tahun. Kemudian, dia mengatakan jika mengembangkan dan memulai bisnis startup itu bukan sesuatu yang mudah.

"Sebelumnya saya juga sudah banyak ditolak oleh beberapa investor-investor. Dan bertemu dengan co-founder yang kurang tepat," ujarnya.

 Terlebih, memulai bisnis yang menjanjikan di era yang selalu berkembang ini menurutnya, diperlukan mental yang kuat untuk mencoba.

Hal ini menjadi salah satu kunci kesuksesan. Kemudian, jika perusahaan startup telah dimulai, itu bukanlah suatu hal yang harus dirayakan, karena itu merupakan tantangan yang sesungguhnya untuk membuat hal itu terus bertahan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini