nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Alasan Mengapa Gerhana Bulan Pekan Ini Sayang untuk Dilewatkan

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Kamis 26 Juli 2018 06:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 25 56 1927351 5-alasan-mengapa-gerhana-bulan-pekan-ini-sayang-untuk-dilewatkan-Fqt62i7ojg.jpg (Foto: Home.bt)

JAKARTA - Gerhana Bulan yang langka diperkirakan muncul pada pekan ini. Tepatnya pada Jumat, yang menjadikan satelit Bumi ini berubah menjadi warna merah darah.

Peristiwa yang langka ini terjadi karena Bulan akan sejajar dengan Bumi dan Matahari. Ini akan terlihat dari kawasan Inggris hingga di belahan timur.

Dilansir Home.bt, selama gerhana, Bulan akan melewati Bumi mengakibatkan adanya bayangan gelap dan kilauan merah. Fenomena ini dinamakan "Blood moon".

Terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus menyaksikan fenomena tersebut.

1. Fenomena Gerhana Terlama Abad ke-21

Walaupun diperkirakan akan berlangsung selama 103 menit, namun di Inggris dan Irlandia tidak bisa melihat awal gerhana Bulan dikarenakan posisi Bulan masih akan berada di bawah garis cakrawala. Namun, sebagian gerhana akan terlihat hampir 4 jam.

"Kita melewatkan satu bagian gerhana karena posisi bulan berada di bawah cakrawala ketika gerhana itu dimulai. Di bagian tenggara akan dapat melihat gerhana lebih lama dari bagian utara," kata Dr. Gregory Brown, dari Royal Observatory Greenwhich.

 

Baca juga: Miliaran Tahun Lalu Bulan Dihuni Makhluk Hidup?

2. Bulan Akan Berubah Menjadi Warna Merah

Selama gerhana, posisi Bulan akan sejajar dengan umbra, Bumi akan menjadi gelap pada sebagian area dan terdapat cahaya merah. Dr Brown mengatakan, "Inggris akan disuguhi gerhana Bulan total langka yang dikenal dengan nama 'blood moon' atau 'bulan merah'.

"Pada saat ini, fase Bulan sedang menghalangi cahaya yang dipancarkan oleh matahari. Namun alih alih berubah menjadi hitam seperti yang diharapkan, atmosfer Bumi memantulkan sinar matahari ke bulan dan menyebabkan perubahan warna menjadi merah tua, maka peristiwa ini sangat tidak disukai," jelasnya.

 

Baca juga: Nge-game Berjam-jam, Atlet eSports Juga Harus Latihan Fisik

3. Mars Akan Bersinar Lebih Terang di Langit Malam

Mars akan bersinar terang yang berada di posisi bawah Bulan, di mana planet yang berwarna merah dan matahari berada di sisi yang berhadapan langsung dengan Bumi.

Di waktu terakhir Mars akan terlihat lebih besar dan bersinar dibandingkan pada 2003, ketika itu yang berjarak kurang dari 56 juta kilometer dari Bumi.

Dr Edward Bloomer, juga seorang astronomer dari Royal Obsevatory Greenwhich, mengatakan, "Walaupun planet Mars menjadi peristiwa yang biasa, orbit jarak planet dapat sedikit berbeda. Pada tanggal 27 Juli, Mars akan berada dekat dengan Bumi," tuturnya.

 

Momen oposisi ini berada di waktu pagi hari, meskipun begitu di Inggris harus menunggu hingga waktu malam.

4. Objek Lain Juga Akan Terlihat

Meskipun tidak berbeda dengan Mars, planet lain akan terlihat di langit malam. Planet Merkurius, Venus, Jupiter dan Saturnus akan terlihat jelas oleh mata dan akan terlihat pada pukul 11 malam dari International Space Station (ISS), dan akan berpindah melewati langit dari barat ke timur.

Ini akan terlihat seperti sinaran bintang, sebelum cahayanya pudar beberapa menit kemudian. Robin Scagell, Presiden vice dari Society for popular Astronomy mengatakan, "Ini akan memunculkan sinar putih bintang seperti sebuah objek".

5. Diharapkan Bukan Pemandangan yang Menakutkan

Beberapa orang sudah tahu jelas mengenai penjelasan ilmiah tentang gerhana bulan yang sudah ada sejak nenek moyang. Mr Scagell mengatakan, “Anda mungkin akan menanggap melihat bulan merah akan menakutkan. Pada hari-hari awal akan mengalami gerhana Bulan total yang rasanya seperti akhir dunia, ini akan menakutkan dan mengejutkan bagi sebagian orang".

Tidak seperti gerhana matahari, peristiwa gerhana Bulan dapat dilihat tanpa pelindung mata. Dr brown menambahkan, seluruh gerhana akan terjadi ketika posisi Bulan dekat dengan garis cakrawala, hal utama yang harus diperhatikan adalah harus memiliki garis pandang yang jelas ke arah tenggara.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini