nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Dampak Gerhana Bulan Total 28 Juli terhadap Bumi

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 27 Juli 2018 14:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 27 56 1928212 ini-dampak-gerhana-bulan-total-28-juli-terhadap-bumi-C7w6hVEXZM.jpg Gerhana Bulan Total (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Indonesia akan menjadi salah satu saksi bagi fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) terlama yang diperkirakan muncul pada 28 Juli 2018. Menanggapi hal tersebut, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mewaspadai adanya gaya pasang surut air laut yang menjadi dampak gerhana.

"Gerhana bulan total di Indonesia berlangsung dini hari sampai subuh. Tidak ada dampaknya, selain pasang surut maksimum yang biasa terjadi saat purnama," kata Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin kepada Okezone.

Lebih lanjut, hal tersebut juga didukung oleh peneliti LAPAN , Rhorom Priyatikanto mengatakan jika gaya pasang surut dan naik air laut memang biasanya meningkat menjelang gerhana bulan.

"Memang ada kontribusi gaya pasang surut dan naik yang meningkat menjelang bulan purnama atau gerhana besok, Sabtu dini hari. Namun, sebenarnya gaya pasang surut bulan kira-kira hanya 85% dari rata-rata," imbuh Rhorom.

Lebih lanjut, Rhorom menjelaskan jika pasang naik dan surut yang terjadi pada 28 Juli 2018, siklusnya terjadi setiap 12 jam.

Gerhana Bulan Total

Baca Juga: Ini 17 Kota di Dunia yang Bisa Menyaksikan Gerhana Bulan

"Jumat nanti, puncak pasang terjadi sekitar tengah malam. Waktu tepatnya bervariasi, bergantung kondisi lokal," ujarnya.

Terkait prediksi terjadinya gelombang pasang surut dan naik, dia mengatakan jika wilayah pesisir di belahan dunia manapun mengalami pasang surut air laut. Namun, untuk besarnya menurut dia akan berbeda dan bervariasi setiap wilayah.

Sebagai informasi, gerhana kali ini akan menjadi fenomena yang paling istimewa. Pasalnya, dia menjadi gerhana yang terlama selama 100 abad, dan menampilkan bulan dengan warna merah yang terang atau disebut super blood moon.

Dengan keterangan waktu, mulai pukul 01.00- 05.19 WIB.

Sementara itu, fase total akan terjadi pada pukul 02.30-04.30 WIB. Selain itu, kabarnya planet Mars juga akan terlihat di langit. Terlebih, planet merah tersebut akan berjarak sangat dekat dengan Bumi setelah 15 tahun.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini