Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Emoji yang Paling Populer di Twitter

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Senin 30 Juli 2018 11:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 30 207 1929202 ini-emoji-yang-paling-populer-di-twitter-lxgOuY8Dy9.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Emoji sering digunakan untuk mengekspresikan emosi tanpa kata-kata. Anda mungkin telah menggunakan hati, jempol ke atas, atau wajah sedih untuk menunjukkan perasaan Anda.

Mungkin Anda belum mengetahui dan menggunakan emoji “kereta gantung” atau “simbol air yang tidak dapat diminum” untuk mengekspresikan pikiran Anda.

Dilansir BBC, Minggu (29/7/2018), sebuah alat yang melacak emoji menemukan, keduanya memiliki riwayat paling jarang digunakan dalam Twitter. Namun, baru-baru ini muncul lagi emoji yang jarang digunakan yaitu “Simbol Latin”.

Matthew Rothenberg dari Emoji Tracker memproses jejak emoji dari setiap tweet yang di-posting pada jejaring sosial, dalam bahasa apa pun, dan menghitung seberapa sering emoji digunakan.

 
Baca juga: NASA Rayakan 60 Tahun Eksplorasi Luar Angkasa

Alat pelacak telah membukukan 23 miliar tweet sejak Juli 2013. Emoji yang paling populer adalah “wajah dengan air mata sukacita”. Anda mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan (emoji tertawa/menangis) yang telah di-posting lebih dari 2 miliar kali.

“Saya sangat ingin tahu bagaimana orang menggunakan emoji yang berbeda,” kata Rothenberg kepada BBC.

 

10 Emoji Paling Populer di Twitter

1. Wajah dengan air mata sukacita (kiri atas).

2. Hati

3. Simbol daur ulang

4. Wajah tersenyum dengan mata berbentuk hati

5. Heart suit (versi yang sedikit berbeda dari "Heart")

6.Wajah menangis keras

7. Wajah tersenyum dengan mata tersenyum

8. Wajah tidak senang

9. Dua hati

10. Wajah melempar ciuman (kanan bawah)

9 dari 10 yang popular adalah hati dan wajah. Namun, terdapat satu hal yang tak terduga, tahun lalu Rothenberg menerbitkan sebuah artikel yang berjudul “Mengapa Simbol Daur Ulang Mengambil Alih Twitter”.

Tentu saja, selain emoji yang paling populer, situs web juga menunjukkan yang paling sering digunakan. Pertanyaan itu mendapat perhatian lebih ketika akun Twitter, "Least Used Emoji Bot", didirikan untuk mempublikasikan emoji mana yang paling tidak populer pada hari tertentu.

Dalam jangka waktu yang lama, emoji “Kereta gantung” menduduki peringkat tersebut. Tapi kemudian terdapat kampanye yang terorganisasi mengenai emoji tersebut.

Akhirnya, pada 22 Juli banyak orang yang ikut menggunakan emoji “kereta gantung” dan membuatnya terangkat dari peringkat yang jarang digunakan.

 
Baca juga: Bagaimana Wujud Manusia 1 Juta Tahun Mendatang?

Emoji lain yan paling jarang digunakan adalah “symbol masukan huruf latin” yang tidak jelas. Situs web emojipedia menjelaskan bahwa simbol tersebut dimaksudkan untuk digunakan pada keyboard perangkat lunak atau layar input yang dapat mengubah ke huruf besar.

"Beberapa emoji tidak pernah digunakan dalam sehari-hari dan mungkin tidak apa-apa," kata Jeremy Schmidt, yang mengatur akun Twitter Least Used Emoji Bot.

 

10 Emoji Paling Tidak Popular di Twitter

1. Simbol masukan untuk huruf latin (kiri atas)

2. Tramway udara

3. Simbol air non-minum

4. Masukkan simbol untuk symbol

5. Simbol masukan untuk huruf kecil Latin

6. Simbol masukan untuk huruf Latin

7. Pemeriksaan paspor

8. Kereta gantung gunung

9. Jangan buang sampah

10. Kereta gunung (kanan bawah)

Menurut Rothenberg, “Data ini hanya melacak penggunaan emoji di Twitter - bukan Facebook, WhatsApp, iMessage, pesan teks, atau sejumlah besar aplikasi lain di mana mereka dapat digunakan. Hanya Twitter memiliki semacam ruang publik yang memungkinkan penggunaan emoji untuk mudah dipantau”.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini