Kominfo Imbau Operator Tingkatkan Layanan Pascagempa di Lombok

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 30 Juli 2018 16:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 30 54 1929367 kominfo-imbau-operator-tingkatkan-layanan-pascagempa-di-lombok-RlW5SATDVG.jpg Ilustrasi Gempa (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Gempa Bumi berkekuatan 6,4 Skala Richter di Lombok, NTB telah mengakibatkan sebagian kecil Base Transceiver Station (BTS) milik operator telekomunikasi tidak bisa digunakan. Hal ini karena adanya permasalahan pasokan aliran listrik yang terputus.

Namun, kabar terbaru menyebutkan jika seluruh BTS tersebut telah bisa digunakan kembali pascagempa. Meskipun demikian, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui keterangan resmi mengingatkan jika komunikasi pascagempa Bumi memerlukan perhatian dan penanganan secara khusus.

Hal ini lantaran ada potensi perubahan pola komunikasi dan kebutuhan peningkatan kapasitas pada area-area tertentu yang menjadi titik kumpul warga atau pengungsi serta kebutuhan komunikasi untuk kelancaran penanganan dan pemulihan pascagempa Bumi.

 Gempa Lombok

Oleh karena itu, operator telekomunikasi diharapkan melakukan berbagai penanganan, yakni mobilisasi genset ke area terdampak gempa Bumi untuk mendukung operasional BTS.

Kemudian juga, mengantisipasi kebutuhan mobile combat BTS untuk kebutuhan komunikasi di area lokasi pengungsian. Melakukan setting jaringan juga harus dilakukan untuk peningkatan kapasitas layanan suara (voice) serta mengantisipasi lonjakan traffic voice.

Terakhir adalah meningkatkan kemampuan jangkauan wilayah layanan LTE (penguatan sinyal) untuk mendukung posko penanganan dan pemulihan pascagempa Bumi, dan melakukan pengujian lapangan terhadap peningkatan kemampuan jaringan di atas serta jaringan lokasi terdampak.

Kominfo

Baca Juga: Uji Coba Teknologi 5G untuk Asian Games 2018

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini