Share

Aplikasi Google Go hingga YouTube Go Diperbarui

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Selasa 31 Juli 2018 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 31 207 1929890 aplikasi-google-go-hingga-youtube-go-diperbarui-Z7LS0JrZoW.jpg (Foto: BGR India)

JAKARTA - Aplikasi Google Go, Maps Go, dan YouTube Go diperbarui dengan fungsi lebih banyak. Sebelumnya pihak Google pada Kamis kemarin mengumumkan perluasan jaringan hotspot Wi-Fi sebagai bagian dari proyek Google Station di seluruh Negara Afrika, Nigeria.

Dalam acara tersebut, perusahaan teknologi besar ini juga mengungkapkan pembaruan yang dilakukan pada Google Go, Google Maps Go, dan aplikasi YouTube Go serta Google Search.

Seperti dilansir Gadgets.ndtv, perusahaan juga mengungkapkan statistik untuk program keterampilan digitalnya menggunakan Accelerator Launchpad, dan Android Oreo (Go edition) yang memiliki keunggulan di benua Afrika.

Google Go

Pada acara Google di Nigeria, perusahaan mengumumkan peluncuran halaman web pada aplikasi Google Go untuk smartphone dengan RAM rendah dan penyimpanan terbatas. Fitur ini akan memungkinkan aplikasi untuk membaca laman web dengan cepat dan menyorot setiap kata untuk diikuti oleh pembaca.

 

Tersedia juga 28 bahasa dan miliaran laman untuk beberapa minggu mendatang dalam aplikasi tersebut.

Baca juga: WhatsApp Resmi Hadirkan Fitur Video Call Group

Google Maps Go

Google Maps Go tidak menawarkan kemampuan navigasi real time, dalam pembaruan terbesarnya. Namun, dengan adanya pengumuman terbaru, Google telah menghadirkan navigasi waktu sebenarnya pada jaringan Android Go dalam bentuk navigasi.

Hal tersebut memungkinkan pengguna Google Maps Go untuk mendapat fitur navigasi waktu yang sebenarnya, dengan arah belokan demi belokan. Bahkan pada ponsel dengan RAM terbatas dan koneksi jaringan yang tidak stabil, baik bepergian dengan mobil, bus, kereta api, atau berjalan kaki.

 

Baca juga: Oppo A3s Bawa RAM 3GB dan Baterai Kapasitas Besar

Navigasi di aplikasi Google Maps Go berfungsi sebagai aplikasi pendamping dan dapat diakses ketika penggunanya mengetuk tombol navigasi dalam pencarian di Google Maps Go. Sebelumnya, untuk navigasi, Maps Go digunakan untuk mengalihkan pengguna ke aplikasi Google Maps asli.

YouTube Go

Tersedia di smartphone yang menjalankan Android Oreo (Go edition), YouTube Go mendapatkan ekstensi file video dalam bentuk baru. Dengan format baru ini, video tersedia secara offline di aplikasi YouTube Go yang akan tersedia untuk diakses pada aplikasi galeri bawaan ponsel.

 

Pengguna dapat berbagi video melalui berbagai aplikasi dan juga dapat menghapusnya. Setelah dibagikan, video hanya akan dapat diputar di aplikasi YouTube Go.

Google Search

Di Nigeria, Google search memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan dengan memasukkan gejala, dan pengalaman pencarian resep baru. Pencarian akan diperluas lebih dari 32 negara di Afrika.

Terlepas dari pembaruan pada aplikasi ini, Google juga mengumumkan bahwa mereka telah melatih lebih dari 2,5 juta orang Afrika hingga saat ini yang merupakan salah satu program keterampilan digital. Hal tersebut diharapkan mencapai 10 juta segera dan sejauh ini lebih dari 9.000 pengembang dari benua itu juga telah disertifikasi oleh Google.

Sebagai bagian dari Launchpad Accelerator Africa, 12 pemula telah lulus dan telah menciptakan 132 pekerjaan dengan total USD7 juta dalam pendanaan.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini