XL Axiata Pastikan Jaringan dan Layanan Normal Kembali Pascagempa Lombok

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 31 Juli 2018 11:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 31 54 1929690 xl-axiata-pastikan-jaringan-dan-layanan-normal-kembali-pascagempa-lombok-SI6UWG7kVw.jpg XL Axiata (Foto: Sindo News)

JAKARTA – Gempa Bumi berkekuatan 6,4 Skala Richter di Lombok, NTB pada 29 Juli 2018 telah mengakibatkan sebagian kecil Base Transceiver Station (BTS) milik operator telekomunikasi tidak berfungsi. Hal ini membuat adanya gangguan jaringan dan layanan telekomunikasi terhambat.

Namun kabarnya, pada sore hari BTS telah kembali normal. Meskipun demikian, operator XL Axiata masih mengambil langkah antisipasi. Hal ini menurut XL untuk mengatasi jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Di wilayah Lombok Timur, XL Axiata memiliki sekitar 720 BTS, sebanyak lebih dari 470 di antaranya adalah BTS 3G dan 4G LTE. Sementara itu, di seluruh Provinsi NTB, XL Axiata total memiliki lebih dari 2900 BTS, dengan 790 BTS di antaranya 4G LTE, yang melayani lebih dari 2 Juta pelanggan.

“Meskipun gempa yang terjadi kemarin cukup kuat di area yang luas, lebih dari 2200 unit BTS XL Axiata di Lombok tetap normal dan beroperasi melayani pelanggan, termasuk BTS yang berada di lokasi paling terdampak bencana yaitu di Kab. Lombok Timur dan sebagian Kab. Lombok Utara. Kami juga telah melakukan cek atas semua menara dan perangkat BTS di area bencana, antara lain di desa-desa kaki Gunung Rinjani, seperti Sembalun, Sajang, Sambik Elen, dan Senaru. Semuanya dalam kondisi baik,” kata Vice Presiden XL Axiata East Region Mochamad Imam Mualim, Selasa (31/7/2018).

Dia menambahkan mengingat layanan telekomunikasi dan akses internet menjadi sangat penting bagi penanggulangan bencana, untuk memastikan jaringan dan layanan XL Axiata tetap terjaga, tim teknis XL kabarnya telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi.

Xl

Baca Juga: Kominfo Imbau Operator Tingkatkan Layanan Pascagempa di Lombok

Langkah-langkah diambil XL, diantaranya berupa menyiapkan backup genset portable, memastikan semua genset permanen sudah penuh terisi solar.

“Hal ini untuk antisipasi jika sewaktu-waktu aliran listrik terputus. Selain itu, tim teknis juga menyiapkan opsi redirect coverage dari site terdekat atau bahkan mengerahkan mobile BTS ke lokasi yang membutuhkan,” imbuh Mochamad.

Selain memastikan jaringan dan layanan tetap normal beroperasi, tim XL Axiata di lapangan juga menyiapkan bantuan darurat bagi warga yang terlanda bencana. Pada tahap awal, menurut dia bantuan akan berupa bahan makanan, air mineral, obat-obatan, selimut, terpal, dan tenda.

Bantuan lain berupa dukungan teknis penyediaan sarana telekomunikasi dan akses internet gratis pun dikerahkan. Serta perangkat-perangkat tersebut akan ditempatkan di lokasi yang paling membutuhkan.

Untuk penyaluran bantuan, tim XL Axiata berkoordinasi dengan aparat terkait. Lokasi penyaluran bantuan akan dipioritaskan melalui posko bantuan yang dibuat pemerintah daerah.

Antara lain di wilayah Lombok Utara, yaitu Desa Sambik Elen dan Dusun Loloan. Sementara itu di Kab. Lombok Timur ke Posko di Kecamatan Sembalun dan Sambelia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini