Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Update Google Chrome Bikin Browsing Internet Lebih Cepat

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Minggu 05 Agustus 2018 16:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 05 207 1932049 update-google-chrome-bikin-browsing-internet-lebih-cepat-ufxynntnrw.jpg (Foto: Google)

JAKARTA - Google Chrome merupakan aplikasi browser yang terdapat di ponsel, PC maupun laptop Anda. Tidak diragukan lagi, aplikasi tersebut menjadi browser terpopular di dunia yang digunakan untuk berselancar di dunia maya.

Dilansir Express, NetmarketShare telah menganalisis penggunaan browser web selama kurun waktu tujuh bulan pertama di 2018 dan menempatkan Google Chrome di posisi teratas. Statistik menunjukkan Google Chrome menempati 62,43 persen dari pasar browser web.

Pesaing Chrome yakni Internet Explorer berada pada 11,90 persen dan Firefox tidak jauh di 10.30 persen. Browser Edge baru dari Microsoft, yang dibundel dengan Windows 10, hanya memiliki pangsa 4,38 persen dari pasar browser web.

Kendati demikian, meskipun memiliki keunggulan besar dalam persaingan, Google tidak berpuas diri. Raksasa mesin pencari baru saja melakukan pembaruan untuk Google Chrome yang dapat membuat penjelajahan web lebih cepat dari sebelumnya.

Chrome versi 68 diluncurkan baru-baru ini dan membawa sejumlah peningkatan pada browser. Salah satu fitur paling menarik pembaruan ini diungkapkan oleh programmer yang bekerja di Chrome.

 

Seperti yang diungkapkan oleh Philip Walton, fitur baru itu disebut Page Lifecycle API. Meskipun tidak memiliki nama yang mudah diingat, pembaruan ini dapat meningkatkan kinerja besar bagi pengguna Chrome.

Fitur baru ini membantu penggunaan RAM, menangguhkan halaman web yang tidak digunakan Chrome, sehingga browser tidak perlu mengambil memori yang tidak perlu yang akan memakan banyak penyimpanan.

Insinyur Google memposting dalam Twitter-nya, “Saya baru saja mempublikasikan artikel besar-besaran di API Page Lifecycle yang baru, yang memungkinkan browser mengelola sumber daya dengan lebih baik jika Anda memiliki miliaran tab yang terbuka".

Baca juga: 2019, Facebook Pasang Iklan di WhatsApp Status

Dalam posting-an online, Walton menambahkan, "Browser modern saat ini kadang-kadang akan menangguhkan halaman atau membuangnya sepenuhnya ketika sumber daya sistem dibatasi. Di masa depan, browser ingin melakukan secara proaktif, sehingga mereka mengonsumsi lebih sedikit daya dan memori”.

 

Baca juga: Tips Memilih Laptop untuk Bermain Game

Lifecycle API di Chrome 68, menyediakan siklus hidup sehingga laman Anda dapat menangani intervensi browser ini dengan aman tanpa memengaruhi pengalaman pengguna. Namun, hasil tangkapannya adalah pengembang web harus mengaktifkan ini juga pada akhirnya untuk membantu membebaskan sumber daya RAM.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini