Google Maps Hadirkan Fitur Baru 'Globe Mode'

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Senin 06 Agustus 2018 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 06 207 1932468 google-maps-hadirkan-fitur-baru-globe-mode-KrcScYgRj1.jpg Google Maps (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kabar gembira, Google Maps kini memilki tampilan baru, yakni Globe Mode. Sebelumnya aplikasi tersebut hanya menampilkan proyeksi datar, namun kini pengguna dapat melihatnya dengan tampilan bulat.

Dilansir dari Engadget, Senin (6/8/2018), perubahan tersebut tidak akan terlihat jika Anda membuka aplikasi Map untuk pertama kali. Tampilan itu akan terlihat jika Anda memperkecil ukuran menjadi cukup jauh dan akan tampak tampilan Bumi bulat.

Google telah mengumumkan sebelumnya di Twitter, bahwa mereka akan mulai menampilkan Bumi sebagai bola dunia. Dengan mode globe 3D di desktop Google Maps.

Baca Juga: Google Rilis Android P Mulai 20 Agustus 2018?

Bagian Greenland tidak akan terlihat memiliki ukuran yang sama seperti Afrika dan menjadikannya lebih realistis.

Perlu diketahui bahwa ukuran Greenland cukup kecil dibandingkan dengan Afrika, baik dalam kehidupan nyata dan sekarang digambarkan dengan benar di Globe 3D ini. Pihak Google mencatat bahwa Greenland memiliki luas 836.300 mil persegi, tidak sama dengan ukuran Afrika yang seluas 11,73 juta mil persegi.

Google mengacu pada fakta bahwa tidak mungkin untuk merepresentasikan area sebenarnya dari berbagai wilayah di planet ini menggunakan proyeksi datar. Proyeksi Mercator yang paling umum digunakan menunjukkan bentuk negara yang benar, tetapi memperbesar wilayah yang lebih jauh dari khatulistiwa.

Sebagai informasi, "Globe Mode" ini hanya tersedia di desktop dan bukan pada perangkat seluler, tetapi berfungsi di semua browser utama, termasuk Chrome, Edge, dan Firefox. Perubahan ini membawa peta lebih selaras dengan Google Earth, yang selalu menghadirkan dunia dari sudut pandang itu.

Globe

Baca Juga: Update Google Chrome Bikin Browsing Internet Lebih Cepat

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini