nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sistem Operasi Terbaru Android Pie Siap Meluncur

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 07 Agustus 2018 11:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 07 207 1932890 sistem-operasi-terbaru-android-pie-siap-meluncur-JXCAeCxUS7.jpg Android Pie (Foto: PC Mag)

JAKARTA – Generasi terbaru Android telah datang, yakni Android 9 atau Android Pie. Sistem operasi tersebut merupakan sistem terbaru dari Android P, yang hadir pertama kali dalam smartphone Pixel.

Untuk pembaruan sistem ini, Google menyatakan jika pihaknya juga akan bekerja sama dengan mitra lain untuk meluncurkan dan meningkatkan perangkat dengan Android Pie tahun ini. Meskipun Google belum memberikan kepastian tentang kapan pembaruan tersebut akan muncul. Namun yang pasti para pengguna ponsel Sony Mobile, Xiaomi, HMD Global, Oppo , Vivo, OnePlus, dan Esensial akan merasakannya.

Dilansir dari laman CNET, Selasa (7/8/2018) Android Pie kabarnya berfokus pada perbaikan di belakang layar yang dirancang untuk membuat ponsel Android bekerja lebih cepat sambil menghemat masa pakai baterai yang berharga. Selain itu, sistem ini juga mendukung Artificial Inteligent (AI), serta ponsel poni atau notch.

Android

Baca Juga: Upgrade OS Malah Bikin Ponsel Lemot, Ini Penjelasannya

Demikian juga, Android Pie mengikuti jejak iPhone X dengan dukungan untuk gaya navigasi yang lebih sederhana yang hanya menggunakan satu tombol sentral. Membuka aplikasi terbaru dan memanggil Google Assitant, plus tombol kembali ketika Anda perlu menggunakannya. Android Pie juga menambahkan pengaturan baterai yang disebut baterai adaptif yang menjanjikan untuk membuat ponsel Android lebih efisien serta banyak lagi fitur terbaru.

Untuk informasi, Google mengumumkan versi pratinjau dari perangkat lunak tersebut pada bulan Maret. Kemudian mendemonstrasikan beberapa fitur pada konferensi pengembang I / O tahunan pada bulan Mei. Seperti diketahui, Google memang kerap menamai sistem operasinya dengan nama makanan yang manis. Misalnya, versi Android sebelumnya disebut Oreo. Sebelum itu adalah Nougat, didahului oleh Marshmallow dan Lollipop.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini