Jaringan Komunikasi Pascagempa Lombok Mulai Pulih, Termasuk 4G

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 07 Agustus 2018 10:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 07 54 1932859 jaringan-komunikasi-pascagempa-lombok-mulai-pulih-termasuk-4g-GFkOSlB3sP.jpg Ilustrasi Jaringan 4G (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Gempa bumi kembali menimpa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan kekuatan 7,0 skala Richter (SR) pada Minggu 5 Agustus 2018. Hal tersebut kembali berdampak pada terganggunya base transceiver station (BTS), sehingga menyebabkan jaringan telekomunikasi memburuk pascagempa.

Kabar terbaru dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebutkan, sehari setelah gempa bumi besar di Lombok, jaringan berangsur membaik. Akses internet 2G, 3G, hingga 4G bahkan telah pulih 8,3 persen, setelah terkena gangguan hingga 12,7 persen. Jaringan membaik seiring kembali aktifnya jaringan listrik PLN di kawasan kota.

"Petugas lapangan mengalami kendala menyediakan akses ke daerah yang masih terisolasi karena ketersediaan bahan bakar minyak yang terbatas. Oleh karena itu, pemakaian genset diutamakan untuk daerah yang vital dan simpul yang bisa meng-cover jaringan di daerah lain," jelas Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza dalam keterangan resmi, sebagaimana dikutip Okezone, Selasa (7/8/2018).

Selain itu, lanjut dia, operator telekomunikasi juga mengupayakan penambahan genset dari luar Lombok untuk ditempatkan di lokasi prioritas di posko pengungsian dan layanan kesehatan.

 BTS

Baca Juga: Kominfo Imbau Operator Tingkatkan Layanan Pascagempa di Lombok

Tidak sampai di situ, Repeater RAPI dan ORARI dilaporkan telah berfungsi serta dapat mendukung komunikasi penanganan bencana oleh petugas di lapangan. Repeater ditempatkan di Bali Timur, Karangasem (Bali), Tembenuh (Lombok Timur), dan Bayan. Repeater ini sendiri yang menyambungkan jaringan radio di Bali dan Lombok.

Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi (BAKTI) Kominfo juga telah memasang VSAT di Posko Kantor Bupati Lombok Utara yang ditargetkan sudah bisa digunakan hari ini guna mendukung penanganan bencana.

"Sementara empat VSAT yang akan ditempatkan di Posko Desa Pemenang, Dusun Mentareng, Media Center Kantor Gubernur, dan Posko RSUD Mataram dalam proses mobilisasi serta persiapan pemasangan," papar Noor.

BTS

Baca Juga: Pasca-Gempa, XL Axiata Pulihkan Jaringan di Lombok Utara

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini